Tekno  

5 Teknologi Masa Depan Yang Diyakini Berbahaya Bagi Umat Manusia

Teknologi berkembang begitu cepat. Positifnya, memang bisa mempermudah kehidupan manusia dalam beraktivitas sehari-hari.

Banyak teknologi canggih yang mulanya hanya mimpi lantas terwujud di kehidupan nyata. Namun demikian, ada teknologi berbahaya yang membuat kehadirannya justru bisa mengancam umat manusia.

BrainBerries merangkum 5 teknologi berbahaya yang bisa mengancam kelangsungan hidup umat manusia.

1. Senjata Nanobot

Biasanya nanobot biasa dipakai di bidang kesehatan. Misalnya, untuk menumbuhkan bagian tubuh, organ, dan lainnya. Namun, ada konsep membuat nanobot untuk senjata. Senjata nanobot diyakini lebih mudah merusak dan juga lebih efektif dalam menghancurkan.

Bahayanya senjata nanobot karena bisa mereplikasi diri secara virtual dan tidak bisa dihancurkan. Mereka bahkan tidak dapat dibom, ditembak, atau ditangkap.

2. Warp Drive

Tren sains fiksi umumnya menggemakan tema perjalanan antargalaksi di masa depan. Warp drive menjadi sebuah teknologi yang memungkinkan manusia berkelana ke seluruh alam semesta hanya menggunakan pesawat antariksa.

Warp drive memunculkan berbagai spekulasi yang bisa merusak sistem surya yang ada di alam semesta. Karena kecepatan dari warp drive dapat merusak partikel luar angkasa yang dapat menghapus seluruh sistem bintang dan bahkan menciptakan lubang hitam.

3. Drone Perang Otonom

Adanya drone perang otonom membuat manusia tidak harus terjun langsung ke medan perang. Akan tetapi, drone perang ini ditakutkan bisa menghancurkan suatu tempat tanpa bisa dikendalikan.

Teknologi ini tidak membutuhkan pengawasan manusia setelah target ditetapkan. Bisa saja karena teknologinya yang otomatis, drone ini dihack atau diambil alih oleh pihak musuh dan berbalik menyerang.

4. Penjara Virtual

Ilmuwan dan penulis fiksi ilmiah suka berbicara tentang menciptakan realitas virtual atau virtual reality (VR) dan semua kemungkinan yang menyertainya.

Biasa digunakan untuk bermain game, jarang terpikirkan bahwa VR dapat digunakan untuk memenjarakan orang, baik penjahat yang dihukum maupun yang tidak bersalah.

Meskipun teknologi seperti itu dapat digunakan untuk kebaikan umat manusia, tapi juga bisa menjadi salah satu senjata paling kuat dan teknik interogasi yang bisa membuat orang gila.

5. Telepati Elektronik

Para ilmuwan percaya bahwa teknologi semacam ini akan tersedia dalam 20 tahun mendatang. Komunikasi dari pikiran ke pikiran bisa jadi hal hebat. Tapi itu juga akan membuat manusia lebih rentan.

Bayangkan jika manusia memiliki chip yang terpasang di otak, kemungkinan besar chip tersebut dapat diretas oleh pihak lain. {sindo}