Tekno  

Waspada! Malware BRATA Incar Pengguna Android, Bisa Bobol Rekening Hingga Hapus Data Ponsel

Perusahaan keamanan siber Cleafy melaporkan adanya malware berbahaya yang mengincar pengguna Android. Malware bernama BRATA ini mulai menyebar di berbagai negara seperti China, Inggris, Spanyol, dan lainnya.

Malware BRATA adalah trojan yang bisa diakses dari jarak jauh dan dapat mencuri kredensial. Singkatnya, ini adalah virus yang menyerang smartphone dan mencuri data perbankan untuk digunakan penipu nantinya.

Malware BRATA sendiri pertama kali ditemukan oleh perusahaan keamanan siber Kaspersky pada 2019 sebagai Android RAT atau alat akses jarak jauh yang menargetkan pengguna di Brasil.

Kini analis Cleady mengungkapkan bahwa malware telah diperbarui dengan fitur seperti pelacakan GPS hingga kemampuan reset factory (kembali ke settingan awal layaknya ponsel baru). Dengan demikian, BRATA bisa mencuri atau menghapus semua data ponsel.

Mengutip Gadgetsnow, Minggu (30/1/2022), malware ini menginfeksi ponsel lewat aplikasi yang diinstal. Nah aplikasi utama ini akan mengarahkan pengguna menginstal aplikasi tambahan, yang biasanya itu memiliki malware.

Cara kerja malware BRATA ini bisa merekam semua data login di aplikasi keuangan yang kemudian data dikirim ke hacker. Data tersebut nantinya dipakai untuk penipuan ataupun dijual ke situs dark web.

Untuk menghindari Malware BRATA, pengguna disarankan tidak menginstal aplikasi sembarangan di luar toko resmi seperti Google Play Store. Pengguna juga tidak boleh serampangan mengklik tautan yang diterima dari orang tak dikenal.

Cara lainnya yakni rutin mengecek izin aplikasi. Setelah menginstal aplikasi baru di ponsel, pengguna harus memeriksa daftar izin yang memungkinkan aplikasi bisa mengakses informasi seperti kontak, password, lokasi, dan lainnya. {suara}