News  

Anies Baswedan Berpeluang Menang Pilpres 2024, Jika Duet Dengan Sosok Ini

Anies Baswedan dinilai berpeluang untuk memenangkan Pilpres 2024 jika duet dengan Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY).

Keduanya harus membuat sejumlah langkah yang matang. Apalagi Anies dan AHY dinilai sama-sama memiliki bekal yang cukup.

Demikian dikatakan Direktur Eksekutif Indostrategic, Ahmad Khoirul Umam, melansir wartaekonomi.co.id–jaringan suara.com, Sabtu (5/2/2022).

“Keduanya konsisten berada di radar, dan bukan kategori tokoh dengan elektabilitas satu koma,” katanya.

Ada beberapa faktor yang bisa membuat pasangan Anies-AHY berpeluang besar memenangkan Pilpres 2024. Pertama, harus memiliki sponsor yang kuat.

“Jika duet Anies-AHY dipromosikan, tentunya Partai Demokrat berada di sana sebagai salah satu sponsor utama koalisi, pembentuk 20 persen presidential threshold. Itu bekal awal yang baik,” ujarnya.

Hingga kini dirinya hanya melihat dua mesin kemenangan yang bisa membawa Anies maju dan menang dalam kontestasi 2024, yaitu dukungan Prabowo Subianto bersama Partai Gerindra, dan AHY dengan Partai Demokrat.

Partai Demokrat, kata Khoirul, juga bisa menjadi magnet bagi parpol lain untuk menarik dukungan di garis ideologi nasionalis dan ideologi politik Islam. “Mereka akan merapat untuk mendapatkan efek ekor jas (coattail effect),” tukasnya. {suara}