News  

Blusukan Picu Kerumunan Saat COVID-19 Merebak, Sikap Jokowi Dinilai Tak Bijak

Pengamat komunikasi politik Kunto Adi Wibowo memberikan komentar mengenai blusukan yang dilakukan Presiden Joko Widodo (Jokowi) di tengah kasus Covid-19 meningkat. Jokowi dinilai tidak bijaksana melihat kasus Covid-19 kembali melonjak.

“Menurut saya, apa yang dilakukan Pak Jokowi jadi enggak prudent, enggak bijaksana, dalam terkait kasus covid meningkat,” ujar Kunto, dikutip dari makassar.terkini–jaringan Suara.com, Sabtu (5/2/2022).

Menurut Kunto, Jokowi bisa melakukan hal lain. Ia mengatakan, Jokowi tidak perlu melakukan blusukan untuk meningkatkan kepuasan masyarakat. Blusukan tersebut justru dinilai secara politik tidak bermoral.

Sebab, jumlah kasus covid-19 di Indonesia semakin meningkat. Kunto membaca dua pesan Jokowi yang tetap blusukan di tengah wabah Covid-19. Menurutnya, Jokowi ingin berinvestasi dalam kesenangan publik.

Ia yakin Jokowi akan menghadapi krisis kepuasan publik dalam beberapa bulan mendatang akibat kasus covid-19. Oleh karena itu, langkah tersebut untuk menjamin kepuasan publik di sejumlah bidang.

“Mungkin ada pesan lain ya enggak usah takut lah sama omicron supaya roda ekonomi enggak terganggu. Itu mungkin pesan lain dari blusukan Pak Jokowi yang mengundang banyak orang,” jelasnya.

Sementara itu, Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono menjelaskan soal Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang memicu kerumunan di Pasar Porsea, Toba.

Jokowi disentil beberapa politikus lantaran video yang viral di Twitter. Video tersebut memperlihatkan Jokowi yang membagikan kaos kepada masyarakat di Pasar Porsea, Toba, Rabu (2/2/2022) lalu.

Heru Budi Hartono kemudian memberikan penjelasan mengenai video tersebut. Ia menjelaskan bahwa sebelumnya warga telah diimbau untuk menggunakan masker.

“Mereka diimbau sebelumnya untuk menggunakan masker oleh kepala wilayah,” jelas Heru Budi Hartono, dikutip dari wartaekonomi–jaringan Suara.com, Sabtu (5/2/2022).

Heru Budi Hartono mengaku belum memiliki alternatif lain untuk mengurai warga. Ia mengatakan, hal tersebut akan sulit dilakukan lantaran antusias warga yang tinggi. “Sulit ya kalau keinginan masyarakat ingin menyapa presiden,” katanya. {suara}