Bos Formula E Alberto Longo Targetkan Sirkuit Ancol Kelar Awal Maret 2022

Jelang balapan Formula E (FE) Jakarta 2022, Indonesia terus menggenjot persiapan. Hal itu tak terlepas dari permintaan Chief Operating Officer Formula E, Alberto Longo yang menargetkan Sirkuit International Ancol bisa rampung pada awal Maret 2022, sehingga dirinya dan FIA bisa segera menghomologasi lintasan tersebut.

Rencananya, FE Jakarta 2022 bakal diadakan pada 4 Juni mendatang. Balapan ini nantinya akan menjadi seri kesembilan dari rangkaian FE 2022-2022, yang merupakan musim kedelapan.

Sirkuit Internasional Ancol ini sendiri memiliki total panjang 2,4 km, dengan lintasan lurus paling panjang berjarak 600 meter. Terdapat 18 tikungan di dalamnya dengan lebar sirkuit 12 meter.

Meski begitu kondisi Ancol untuk saat ini masih belum siap untuk menggelar FE. Bahkan, baru 50 persen lintasan yang sudah diaspal. Itu pun seluruhnya bakal diaspal ulang, sehingga memenuhi syarat FE.

Seharusnya, proses pengaspalan dimulai sejak Januari lalu proses pengaspalan juga dilakukan Januari lalu. Namun, hal tersebut terhambat lelang tender yang mengalami kegagalan.

Walau demikian, Longo tak memberikan tanda-tanda khawatir. Namun, dia mengakui berharap lintasan Ancol untuk selesai pada awal Maret dan memulai proses homologasi.

“Karena aspal dan kebutuhan lainnya sekitar 50 persen masih harus dikembangkan. Pada dasarnya, mereka telah memilih siapa yang mengerjakannya,” kata Longo dikutip The Race, Jumat (4/2/2022).

“Rencananya, lintasannya selesai pada awal Maret. Sebelum itu, kami dan FIA akan mengunjunginya dan memeriksa perkembangannya. Semoga kami dapat memulai proses homologasi,” tambah Longo.

Untuk mensukseskan FE Jakarta 2022, panitia penyelenggara balapan bakal mengerahkan marshal dari Sirkuit Sentul.

Alasannya karena Ketua Pelaksana Formula E Jakarta 2022, Ahmad Sahroni tak mau sembarangan untuk memilih marshal, jadi memilih marshal dari Sirkuit Sentul adalah opsi terbaik. {okezone}