MS Kaban: Paksakan Bangun IKN Saat APBN Terseok Patut Disebut Egois Tidak Pro Rakyat

Pembangunan Ibukota Negara (IKN) baru di Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, terus mendapat kritikan dari elemen masyarakat.

Teranyar datang dari mantan Ketua Umum Partai Bulan Bintang (PBB) M.S. Kaban. Dia khawatir dengan pembangunan IKN yang terkesan dipaksakan oleh Presiden Joko Widodo.

Pasalnya, pembangunan ini dilakukan di saat rakyat sedang menderita akibat Covid-19 dan pemerintah terseok dalam mengatur APBN.

“Pemerintahan Presiden Jokowi paksakan bangun IKN dengan APBN yang terseok-seok patut disebut egois tidak pro rakyat, rakyat sedang berat menerima beban hidup,” ujarnya lewat akun Twitter pribadi, Sabtu malam (5/2).

Mantan Menteri Kehutanan ini mengingatkan bahwa Presiden Joko Widodo yang sudah 7 tahun berkuasa juga gencar membangun infrastruktur. Tapi pembangunan itu terkesan terseok-seok karena tidak sedikit yang berbiaya dari utang dan ujungnya berpotensi mangkrak.

Atas alasan itu, M.S. Kaban khawatir pembangunan IKN akan bernasib seperti mobil Esemka yang sempat didengungkan di awal Jokowi muncul tapi hingga kini justru tenggelam. “Berkuasa hanya tinggal menghitung hari. IKN (bisa) senasib Esemka,” tutupnya. {rmol}