News  

Di Depan Menhan Prancis, Prabowo Janji Borong 42 Jet Rafale dan 2 Kapal Selam Scorpene

Menteri Pertahanan (Menhan), Prabowo Subianto menyatakan, pemerintah Indonesia merencanakan untuk mengakuisisi 42 pesawat tempur Dassault Rafale produksi Dassault Aviation asal Prancis.

Kepastian itu disampaikan Prabowo saat melakukan tanda tangan pembelian pesawat tempur itu dengan Menhan Prancis Florence Parly di Jakarta, Kamis (10/2).

“Di bidang alutsista, Indonesia merencanakan pembelian alutsista yang cukup signifikan untuk multirole combat aircraft, kita rencananya akan mengakuisisi 42 pesawat Rafale,” ujar Prabowo kepada wartawan, Kamis (10/2).

Meski secara keseluruhan Indonesia berencana memboyong 42 jet Rafale dari Prancis, Prabowo menyebut hingga saat ini baru enam jet Rafale yang baru sah ditandatangani pembeliannya oleh Indonesia.

Ia mengatakan, 36 unit Rafale sisanya nantinya akan segera menyusul proses tanda tangan pembeliannya dalam waktu dekat.

“Kita mulai hari ini dengan tanda tangan kontrak pertama untuk 6 pesawat yang akan disusul dalam waktu dekat dengan kontrak untuk 36 pesawat lagi,” ucap Prabowo

Dengan 42 unit pesawat yang direncanakan diboyong Prabowo, tercatat hingga kini jet Rafale yang akan diboyong Indonesia telah melebihi dari target semula, yakni 36 Rafale.

Selain akuisisi jet Rafale, penandatanganan kontrak enam unit tersebut juga satu paket dengan adanya dukungan latihan persenjataan dari Perancis.

“(Termasuk) dukungan latihan persenjataan dan simulator -simulator yang dibutuhkan,” imbuhnya.

Selain kesepakatan pengadaan jet Rafale, kata Prabowo, Indonesia juga mencapai kata sepakat dengan Naval Group, galangan pembuat kapal selam hingga kapal perang dari Prancis untuk pengadaan kapal selam.

Dua kapal selam Scorpene buatan Naval Group lengkap dengan dukungan suku cadang, menurutnya juga termasuk dalam perjanjian tersebut.

“Juga hari ini kita telah tandatangani MoU kerja sama di bidang research and development tentang kapal selam antara PT PAL dengan NAVAL grup dari Perancis yang tentunya akan mengarah pada pembelian dua kapal selam Scorpene dengan AIP beserta persenjataan dan suku cadang suku cadang yang dibutuhkan termasuk latihan,” ungkap Prabowo. {kumparan}