Diwarnai Kartu Merah, Vietnam Bantai Singapura 7-0 Di Penyisihan Piala AFF U23 2022

Timnas Vietnam U-23 pesta gol ke gawang Singapura di fase grup Piala AFF U-23 2022. Vietnam menang 7-0. Laga ini berlangsung di Stadion Prince, Phnom Penh, Kamboja, Sabtu (19/2/2022) WIB. Vietnam sangat dominan di laga ini.

Pertandingan baru berjalan tiga menit, Vietnam sudah langsung memimpin. Nguyen Van Tung menanduk bola ke gawang Singapura dan membawa timnya unggul atas Singapura.

Tak mau kalah begitu saja, Singapura bekerja keras untuk menyamakan kedudukan. Mereka memperoleh peluang utnuk melakukannya pada menit ke-12. Namun, upaya Ilhan Fandi masih bisa ditepis kiper Vietnam.

Vietnam terus memberikan tekanan kepada Singapura. Pada menit ke-29, mereka nyaris membuat gol. Tetapi, serangan dari Mai Xuan Quyet bisa ditangkap oleh kiper Singapura, Ridwan Firki.

Akhirnya Vietnam berhasil menggandakan keunggulannya pada menit ke-32. Dinh Xuan Tien sukses menjebol gawang Singapura melalui tendangannya, usai menampilkan kemampuan individunya.

Tidak lama kemudian, Vietnam menambah keunggulannya. Tepatnya pada menit ke-37, Van Tung mencetak gol keduanya dengan sepakan keras, usai meneruskan umpan Tran Van Thang. Vietnam mengakhiri babak pertama dengan skor 3-0.

Memasuki babak kedua, Vietnam melanjutkan dominasinya atas Singapura. Mereka beberapa kali memperoleh peluang untuk menambah keunggulan, tetapi belum berhasil menyelesaikan.

Petaka bagi Singapura, mereka harus bermain dengan 10 pemain sejak menit ke-54. Jordan Emaviwe menerima kartu kuning keduanya, sehingga diusir oleh wasit keluar dari lapangan.

Unggul jumlah pemain, Vietnam langsung bermain menggila. Mereka pun menambah keunggulan pada menit ke-56. Dung Quang Nho kemudian sukses mencetak gol lewat tandukannya.

Pesta gol Vietnam kemudian berlanjut pada menit ke-78. Kali ini, giliran Nguyen Ngoc Thang yang mencetak gol ke gawang Singapura, melalui tendangannya. Pemain Singapura pun tak berdaya dibuatnya.

Memasuki menit ke-89, Vietnam semakin memperlebar jarak dengan lawannya, Quoc Viet berlari kencang dan mencetak gol melalui sepakannya dan membuat kiper Singapura hanya bisa terdiam.

Pada masa injury time, Vietnam sekali lagi meperbesar keunggulan. Tepatnya pada menit ke-90+5, Thanh Khoi mencetak gol ke gawang lawannya. Kejadian itu sekaligus mengakhiri kemenangan Vietnam dengan skor 7-0.

SUSUNAN PEMAIN

VIETNAM U-23

Y Eli Nie; Tran Quang Thinh, Luong Duy Cuong, Nguyen Van Son, Tran Van Thang; Thanh Khoi, Dung Quang Nho, Pham Van Huu, Nguyen Van Tung; Mai Xuan Quyet, Dinh Xuan Tien.
Pelatih: Dinh The Nam

SINGAPURA U-23

Ridhwan Fikri; Jordan Emaviwe, Muhammad Sanizal, Ryhan Stewart, Syed Akmal; Shah Shahiran, Saifullah Akbar, Danish Qayyum, Jared Gallager; Glenn Kweh, Ilhan Fandi
Pelatih: Fandi Ahmad {inews}