News  

Di Tengah Eskalasi Konflik Rusia-Ukraina, Korea Utara Tembakkan Rudal Ke Laut Jepang

Korea Utara dikabarkan menembakkan rudal ke arah Laut Jepang pada Minggu 27 Februari 2022 di tengah meningkatnya konflik Ukraina dan Rusia.

Tembakkan tersebut menjadi kedelapan kalinya, Petinggi Korea Utara Kim Jong Un menguji coba rudal balistiknya tersebut.

Penjaga Pantai Jepang pun mengeluarkan peringatan mengenai peluncuran rudal Korea Utara tersebut, dilansir dari Daily Mail, Minggu 27 Februari 2022.

Kapal-kapal di daerah tersebut diperingati untuk menjauh dari benda-benda yang mungkin jatuh dari udara dan melaporkannya kepada pihak berwenang.

Uji coba rudal tersebut dikritik banyak negara, termasuk Amerika Serikat (AS) yang memberikan sanksi ekonomi terhadap Korea Utara.

Peluncuran rudal sebenarnya pernah dihentikan sejak China mengadakan olimpiade Musim Dingin. Akan tetapi uji coba tersebut dikabarkan dilanjutkan kembali.

Sebelumnya, Korea Utara memamerkan keberhasilan mereka menciptakan sebuah rudal yang memiliki jangkauan sampai Guam, wilayah Amerika Serikat (AS) di Samudra Pasifik.

Korea Utara juga mengatakan hanya mereka yang mampu mengguncang dunia di saat banyak negara tunduk dan patuh pada AS.

“Hanya kami di planet ini yang dapat mengguncang dunia dengan menembakan rudal dan mencapai wilayah AS,” kata Kementerian Luar Negeri Korea Utara melalui pernyataan resminya, dikutip dari Reuters, Rabu 9 Februari 2022. {PR}