Terancam Dicoret Dari F1 2022 Usai Konflik Rusia-Ukraina, Tim Haas Siapkan Pengganti Nikita Mazepin

Prinsipial tim Haas, Guenther Steiner, membicarakan soal nasib pembalapnya, Nikita Mazepin, yang terancam dicoret dan tidak bisa berpartisipasi dalam ajang F1 2022 usai negaranya, Rusia, dan Ukraina berkonflik.

Steiner memastikan bahwa timnya kini sudah mempersiapkan pengganti jika Mazepin benar dicoret.

Sebagaimana diketahui, konflik antara Rusia dan Ukraina memengaruhi berbagai aspek. F1 menjadi salah satu korban terdampak dari ketegangan geopolitik kedua negara tersebut.

Sebelumnya, Haas sudah menghilangkan logo sponsor Uralkali dari mobil mereka. Logo perusahaan produsen eksportir pupuk kalium asal Rusia itu tidak terlihat pada mobil Haas pada tes pramusim hari ketiga di Sirkuit Catalunya, Barcelona.

Selain itu, posisi Mazepin sebagai pembalap andalan Haas pun terancam. Pria asal Rusia itu terancam dicoret dan tidak bisa ikut berpartisipasi pada F1 musim depan.

Mengantisipasi hal itu, Haas sudah menyiapkan rencana cadangan. Pembalap asal Brasil, Pietro Fittipaldi, diproyeksikan akan menjadi tandem Michael Schumacher andai Mazepin jadi dicoret.

Hal itu diungkapkan langsung oleh Steiner selaku prinsipal Haas. Steiner bahkan telah menawari Fittipaldi untuk menggantikan Mazepin sebagai langkah antisipasi andai hal terburuk terjadi.

“Jika Nikita tidak bisa maju karena satu dan lain hal, maka pilihan pertama adalah Pietro. Jelas, dia telah bekerja sama bersama kami selama beberapa tahun, kemudian kami akan melihat apa yang kami lakukan selanjutnya,” kata Steiner, dilansir Planet F1, Minggu (27/2/2022).

“Maksud kami, Pietro selalu di sisi kami karena berbagai alasan. Tahun-tahun terakhir, kami membutuhkan pembalap cadangan, memiliki masalah Covid-19, dia (Fittipaldi) selalu ada untuk kami,” sambungnya.

Lebih lanjut, Steiner juga memuji kualitas Fittipaldi sebagai pembalap. Meski selama ini hanya menghuni bangku cadangan, Steiner mengatakan bahwa Fittipaldi memiliki kualitas yang sangat dibutuhkan untuk menjadi pembalap andalan selanjutnya di Haas.

“Dia memahami timnya, dia memahami mobil yang digunakannya dari hari ke hari, tidak ada yang lebih baik dari Pietro saat ini,” jelanya.

F1 2022 merupakan musim ketiga Fittipaldi menjadi pembalap cadangan untuk Mazepin. Itu artinya, potensi dicoretnya Mazepin akan menjadi berkah tersendiri bagi Fittipaldi untuk menunjukkan kebolehannya. {okezone}