Drama 4 Gol Dianulir, Liverpool Bungkam Chelsea Lewat Adu Penalti di Final Piala Liga Inggris

Liverpool keluar sebagai juara Piala Liga Inggris 2021/22 usai mengalahkan Chelsea di final, Minggu (27/2) dini hari WIB. Dihelat di Stadion Wembley, London, Inggris, The Reds menang via adu penalti dengan skor 11-10.

Drama 4 gol dianulir berawal di menit 69 saat Joel Matip menjebol gawang Chelsea usai menerima bola dari Sadio Mane. Gol Matip akhirnya dianulir karena Virgil van Dijk, yang ikut dalam perebutan bola, dinilai berada dalam posisi offside usai wasit meninjau VAR.

Tak cuma gol Liverpool, gol Chelsea pada menit 77 juga dianulir. Kai Havertz menyundul bola masuk ke gawang Liverpool usai memanfaatkan umpan Timor Werner. Werner dinilai dalam posisi offside.

Gol Chelsea di menit ketujuh babak tambahan waktu pertama juga dianulir. Romelu Lukaku yang membobol gawang Liverpool diputuskan berada dalam posisi offside. Wasit sempat meninjau VAR untuk memastikan keputusan tersebut.

Aksi gol dianulir terakhir terjadi di menit 110. Gol Chelsea dari Kai Havertz tak disahkan wasit karena sang pemain dianggap berada dalam posisi offside saat menerima bola.

Starting XI Chelsea vs Liverpool

Chelsea: Edouard Mendy, Trevoh Chalobah, Thiago Silva, Antonio Rudiger, Cesar Azpilicueta, N’Golo Kante, Mateo Kovacic, Marcos Alonso, Mason Mount, Christian Pulisic, Kai Havertz

Liverpool: Caoimhin Kelleher, Trent Alexander-Arnold, Joel Matip, Virgil van Dijk, Andrew Robertson, Jordan Henderson, Fabinho, Naby Keita, Mohamed Salah, Sadio Mane, Luis Diaz

Jalannya Laga Chelsea vs Liverpool

Pertandingan berjalan seru di babak pertama. Kedua tim sama-sama berusaha tampil menekan dan ingin segera mencetak gol pembuka keunggulan terlebih dahulu.

Chelsea mendapatkan peluang emas di menit kelima saat Christian Pulisic melepaskan tembakan jarak dekat. Peluang tersebut digagalkan kiper Liverpool.

Pada menit 21, Liverpool mengancam via free kick Mohamed Salah. Tembakan kaki kiri Mo Salah masih melenceng dari sasaran.

Di menit 30, Liverpool nyaris membuka keunggulan. Naby Keita melepaskan tembakan dari luar kotak penalti, lalu diblok kiper Chelsea, Edouard Mendy.

Bola liar disambar Sadio Mane di depan gawang, namun Edouard Mendy dengan sigap menepis bola. Babak pertama ditutup dengan skor imbang 0-0.

Chelsea langsung memperoleh peluang emas di awal babak kedua, menit 49. Mason Mount menerima umpan terobosan yang membuatnya tinggal one on one dengan kiper Liverpool. Sepakan Mason Mount menerpa tiang gawang.

Di menit 64 Mohamed Salah hampir saja membawa Liverpool unggul. Ia menerima umpan terobosan, melepaskan tembakan chip yang mengelabui Mendy. Bola disapu pemain Chelsea di depan garis gawang.

Liverpool membobol gawang Chelsea pada menit 69. Sadio Mane melepaskan sundulan ke depan gawang usai menyambar free kick Trent Alexander-Arnold. Bola kemudian diteruskan Joe Matip ke dalam gawang juga dengan sundulan.

Namun, gol tersebut dianulir wasit usai meninjau VAR. Sebelum Mane menyundul bola, Virgil van Dijk yang ikut dalam duel perebutan bola udara dinilai berada dalam posisi offside.

Luis Diaz nyaris membawa Liverpool unggul di menit 75. Ia menerima umpan terobosan dan berlari memasuki kotak penalti Chelsea. Sepakan Diaz digagalkan Edouard Mendy.

Tak cuma Liverpool, Chelsea juga merasakan golnya dianulir pada menit 77. Kai Havertz menyundul bola masuk ke gawang, namun sebelumnya Timo Werner sudah dalam posisi offside.

Edouard Mendy lagi-lagi menjadi momok Liverpool. Di waktu tambahan babak kedua, Virgil van Dijk menyundul bola kencang mengarah ke gawang Chelsea. Mendy dengan sigap menjatuhkan diri untuk menepis bola.

Pertandingan masih berjalan seru di babak tambahan. Tujuh menit babak tambahan waktu pertama berjalan, Romelu Lukaku membobol gawang Liverpool, namun lagi-lagi dianulir karena offside dan wasit memastikan keputusannya lewat VAR.

Aksi gol dianulir tak berhenti di situ. Pada menit 110, gol dari Kai Havertz tak disahkan wasit karena sang pemain dianggap berada dalam posisi offside saat menerima bola.

Thomas Tuchel menarik keluar Edouard Mendy jelang extra time kedua berakhir. Kepa Arrizabalaga kemudian dimasukkan untuk babak adu penalti. Di babak adu penalti, Liverpool keluar sebagai pemenang dengan skor 11-10. {kumparan}