Eks Pembalap F1 Sebut Ferrari Ancaman Terbesar Mercedes dan Red Bull di F1 2022

MANTAN pembalap Formula One (F1), Karun Chandhok menyebutkan, Scuderia Ferrari jadi ancaman besar bagi dua tim terkuat saat ini, Mercedes dan Red Bull di F1 2022. Hal itu ia lontarkan, menyusul pengembangan mesin Ferrari yang lebih gahar ketimbang musim lalu.

Sebagaimana diketahui, dua pembalap Ferrari, Charles Leclerc dan Carlos Sainz memang masih belum berhasil masuk tiga besar. Namun, Lecrec menyudahi tes pramusim di Barcelona dengan menempati urutan kelima. Sementara Sainz harus puas di urutan 10.

Kendati demikian, Chandhok melihat potensi Ferrari di F1 2022 lebih besar. Bahkan, Chandok memberi peringatan pada dua tim terkuat saat ini yaitu Mercedes dan Red Bull, untuk waspada terhadap kejutan Ferrari musim ini.

“Saya pikir Ferrari adalah yang besar,” kata Chandhok dilansir dari Planet f1, Rabu (9/3/2022).

“Mereka memiliki keuntungan besar dalam hal pengembangan tetapi mereka juga membuat beberapa langkah besar tahun lalu,” tambahnya.

Pria berusia 38 tahun itu mengatakan Ferrari tampil buruk di F1 2020 dengan menempati posisi keenam klasemen konstruktor mesin. Tetapi musim lalu mereka berhasil menempati posisi ketiga.

Chandhok menyebut hal itu terjadi lantaran pengembangan Ferrari berjalan cepat dibandingkan tim lain. Hal itu jadi pertanda baik untuk mereka bersaing di F1 musim ini.

“Sejujurnya, mereka memiliki tahun 2020 yang cukup buruk, tetapi cara mereka bangkit kembali dari posisi keenam pada tahun 2020 menjadi ketiga dan benar-benar mendapatkan podium berdasarkan prestasi musim lalu sangat mengesankan,” ucapnya.

“Mereka memperkenalkan upgrade unit tenaga besar di Rusia, yang menurut saya empat atau lima bulan lebih cepat dari jadwal. Anda akan lihat hal yag tak biasa di F1 musim ini,” sambungnya.

Lebih lanjut, Chandhok mengatakan Ferrari bisa bersaing dengan Mercedes dan Red Bull di F1 2022. Terlebih dengan aturan baru di F1 musim ini, membuat keuntungan kepada tim lainya bisa bersaing.

“Saya pikir Anda tahu ke mana pun kita pergi bahkan hari ini, terlepas dari pertempuran Mercedes dan Red Bull, tetapi basis penggemar terbesar F1, masih merupakan dipegang Ferrari, sehingga akan sangat bagus untuk melihat apakah mereka bisa bertarung melawan kedua tim itu,” ujarnya

Untuk diketahui, F1 2022 sendiri akan segera dimulai bulan ini. Menurut jadwal yang ada, Lewis Hamilton dkk akan memulai race pertamanya di Sirkuit Internasional Bahrain, pada 20 Maret 2022. {okezone}