10 Pemain Chelsea Ini Terancam Minggat Imbas Sanksi Pada Roman Abramovich, Siapa Saja?

Aset bos Chelsea, Roman Abramovich, seluruhnya dibekukan oleh pemerintah Inggris pada Kamis (10/3) imbas konflik Rusia-Ukraina. Sanksi yang menimpa taipan Rusia itu mengancam eksodus para pemain The Blues.

Salah satu dampak yang didera Chelsea akibat sanksi tersebut adalah klub tak bisa melantai di bursa transfer, baik membeli atau menjual pemain. Dalam lisensi khusus yang diterapkan, The Blues hanya diizinkan membayar gaji semua karyawan, termasuk para pemain dan staf pelatih.

Menurut ESPN, sanksi tersebut saat ini berlaku hingga 31 Mei 2022. Namun, ini akan berdampak panjang jika sanksi itu diperpanjang setidaknya hingga bursa transfer musim panas 2022/23 yang akan dibuka Juni nanti.

Setidaknya ada 10 pemain Chelsea yang kontraknya habis pada Juni nanti. Jika sanksi tersebut masih berlaku, mereka harus rela berpisah dengan The Blues dan mencari klub anyar pada musim panas nanti. Berikut 10 nama tersebut, dikutip dari Mirror.

Antonio Ruediger

Bek asal Jerman, Antonio Ruediger, akan habis kontrak pada Juni nanti. Bek 29 tahun itu pertama kalinya menjadi bagian dari keluarga The Blues pada Juni 2017 usai diboyong dari AS Roma. Berbagai trofi sudah diraihnya, termasuk Liga Champions 2020/21 dan Piala Dunia Antarklub 2021/22.

Meski Ruediger di ambang angkat kaki dari Stamford Bridge, ia tak perlu khawatir karena sudah banyak klub yang meminati jasanya. Mulai dari Paris Saint-Germain (PSG), Juventus, hingga Bayern Muenchen.

Andreas Christensen

Masih di sektor bek tengah, Andreas Christensen juga akan habis kontrak pada Juni nanti. Bek asal Denmark itu sudah menjadi bagian dari Chelsea sejak 2012, ketika bermain untuk tim muda. Seiring berjalannya waktu, bek 25 tahun itu turut menjadi pilihan utama di starting XI Chelsea.

Namun, rumor kepergian Christensen sudah begitu kencang belakangan ini. Barcelona menjadi calon pelabuhan terkuat bek dengan tinggi 1,88 meter tersebut.

Saul Niguez

Gelandang asal Spanyol ini sejatinya baru dipinjam Chelsea dari Atletico Madrid pada musim panas lalu. Meski dianggap gagal pada awal kedatangannya di Stamford Bridge, akhir-akhir ini Saul Niguez mulai unjuk gigi dan menunjukkan performa yang cukup oke.

Sayang, kontraknya habis pada Juni nanti. Meski memiliki opsi pembelian, tampaknya Chelsea tak akan bisa mengamankan jasa Saul secara permanen jika sanksi Abramovich belum dicabut pemerintah Inggris hingga Juni nanti.

Cesar Azpilicueta

Cesar Azpilicueta boleh dibilang masuk dalam jajaran legenda hidup Chelsea. Sejak bergabung dari Marseille pada 2012 lalu, bek asal Spanyol ini menjelma menjadi sosok penting The Blues.

Sampai pada akhirnya ia diamanahkan ban kapten sejak 2019/20 menyusul kepergian Gary Cahill yang dilepas ke Crystal Palace pada musim tersebut.

Sang kapten bahkan punya raihan sempurna dengan meraih seluruh trofi dari turnamen dan kompetisi yang diikuti Chelsea. Ada 9 trofi miliknya bersama Chelsea.

Mulai dari 2 gelar Liga Inggris, 2 Liga Europa, 1 gelar Liga Champions, 1 Piala FA, 1 Piala Liga Inggris, 1 Piala Super Eropa, dan teranyar 1 trofi Piala Dunia Antarklub.

Jika harus berpisah dengan Chelsea imbas sanksi Roman Abramovich, Cesar Azpilicueta besar kemungkinan akan pulang ke Spanyol dan mencari peruntungan bersama klub La Liga. Sama seperti Christensen, Azpilicueta juga dikaitkan dengan Barcelona.

Charly Musonda Jr.

Diboyong dari tim muda Anderlecht pada 2012, Charly Musonda Jr., dianggap bakal menjadi bintang masa depan Chelsea. Sayang, cederanya lebih sering membuatnya dipinjamkan ke berbagai klub, seperti Celtic hingga Vitesse.

Kontrak pemain berusia 25 tahun itu juga akan habis pada Juni 2022. Ia akan menjadi bagian dari pemain Chelsea yang terpaksa minggat jika sanksi Abramovich tetap berlanjut hingga bursa transfer musim panas nanti.

Thierno Ballo

Thierno Ballo adalah bagian dari tim U-23 Chelsea. Gelandang serang asal Austria itu belum pernah bermain bersama tim utama, tapi sudah menjajal berseragam Chelsea di kelompok umur sejak 2018.

Sayang, kariernya anjlok usai Rapid Wien dihentikan pada Februari 2022 dan harus kembali Chelsea. Di lain sisi, kontraknya bakal habis pada Juni mendatang.

Xavier Simons

Pemain berusia 19 tahun ini telah melakukan debutnya di tim utama ketika menjadi starter di perempat final Piala Liga Inggris 2021/22 saat menang 2-0 di kandang Brentford.

Eks jebolan akademi Brentford ini pindah ke akademi Chelsea pada 2016 dan kontraknya akan habis dengan tim U-23 pada Juni mendatang.

George McEachran

George McEachran adalah adik dari mantan talenta Chelsea, Josh. Waktu terbaik George di tim utama datang ketika ia menjadi bagian dari skuad dalam kemenangan 4-1 atas Arsenal di final Liga Europa 2019. Namun, ia tak mendapat menit bermain bersama tim utama Chelsea.

Meski begitu, produk akademi Chelsea ini adalah bagian dari tim U-23. Sayang, kontraknya bakal habis pada Juni 2022.

Sam McClelland

Sam McClelland adalah bek muda Chelsea. Ia memang belum mendapat jam terbang di tim utama, tapi bek 20 tahun ini sudah mendapat caps di Timnas Irlandia Utara.

Ia bermain untuk tim U-18 Chelsea sejak 2018 dan kini tergabung di tim U-23. Namun, kontrak Sam McClelland bakal habis pada Juni mendatang dan terancam harus angkat kaki.

Josh Brooking

Josh Brooking juga berposisi sebagai bek tengah Chelsea. Pemain kelahiran Reading, Inggris, ini pindah dari akademi klub kota kelahirannya ke Chelsea pada 2019 lalu.

Meski belum debut di tim utama Chelsea, ia sudah mencatat 15 penampilan bersama tim U-23. Namun, kontraknya bakal kedaluwarsa pada Juni 2022 nanti. {kumparan}