Golkar: Jokowi Vs Prabowo Ibarat Laga El Clasico

Golkar: Jokowi Vs Prabowo Ibarat Laga El Clasico Radar Aktual

Politisi Partai Golkar Ichsan Firdaus memprediksi, Joko Widodo dan Prabowo Subianto akan saling berhadapan di Pemilihan Presiden (Pilpres) 2019. Dia mengibaratkan pertarungan antara Jokowi dan Prabowo layaknya laga sepak bola antara klub Barcelona melawan Real Madrid atau akrab disebut laga El Clasico.

“Dalam persepsi kami itu hanya ada dua koalisi dan dua kubu. Jadi kemungkinan munculnya rematch, Real Madrid vs Barcelona. Kalau dulu Golkar masih di Prabowo, Messinya sudah keluar,” ujarnya di acara diskusi “Setelah Prabowo dan SBY Bertemu” di Jakarta Pusat, Kamis (26/7/2018).

Menurut dia, publik sudah melihat kemungkinan munculnya dua koalisi. Selain itu, dia menilai, adanya coattail effect atau efek mencalonkan orang populer, partai akan mendapatkan limpahan suara orang tersebut.

Dia menjelaskan parpol membutuhkan coattail effect. Salah satunya, seperti Ketua Umum Partai Demokrat, Susilo Bambang Yudhoyono mendorong Agus Harimurti Yudhoyono untuk berpasangan dengan Jokowi atau Prabowo.

“Pak SBY itu akan mendorong Pak AHY dan faktanya kaya gitu, kalau ini mendorong Prabowo, AHY melawan kubu Jokowi siapapun pasangannya, ini akan menjadi pasangan menarik,” kata Wakil Ketua Komisi IX DPR RI itu.