5 Miliuner Calon Kuat Bos Baru Chelsea, Ada Yang Baru 34 Tahun Tapi Miliki Harta Rp.225 Triliun

Roman Abramovich harus jual Chelsea dengan deadline 28 Maret 2022 yang menarik minat lima miliuner bersaing menjadi pemilik baru The Blues. Abramovich memerintahkan para bankirnya untuk menyelesaikan kesepakatan penjualan Chelsea.

Masa depan The Blues mengalami kekacauan pada hari Kamis ketika oligarki Rusia disebutkan dalam daftar sanksi Pemerintah Inggris di tengah invasi Rusia ke Ukraina. Pembatasan brutal mereka – termasuk tidak ada penjualan tiket atau kontrak baru – berarti klub perlu mencari pembeli baru dalam waktu dua minggu atau berisiko masuk ke administrasi.

Namun, setiap penjualan akan diawasi oleh Pemerintah untuk memastikan Abramovich tidak mendapatkan satu sen pun. Berikut lima konglomerat yang bersaing menjadi pemilik baru Chelsea:

1. NICK CANDY, 49 tahun, senilai £840 juta (Rp15,7 Triliun)

Penggemar berat The Blues dan pengembang properti sedang berbicara dengan sejumlah investor Amerika tentang pembentukan konsorsium untuk membeli klub London Barat.

Usulan £2.5 miliar dikatakan termasuk rencana £1.5 miliar untuk membangun kembali Stamford Bridge. Candy menikah dengan aktris Australia Holly Valance, yang menjadi terkenal sebagai Felicity Scully di sabun Neighbours.

2. TODD BOEHLY, 46 tahun, £4 miliar (Rp75,2 Triliun) & HANSJORG WYSS, 86 tahun, £4 miliar (Rp75,2 Triliun)

Boehly adalah ketua dan CEO Eldridge Industries saat ini – sebuah perusahaan investasi swasta yang berbasis di Pantai Timur – dan juga memiliki LA Lakers dan LA Dodgers.

Filantropis akan siap untuk berjuang dan berjuang untuk memenangkan perang penawaran telah menjadi bagian dari tim gulat sekolahnya yang memenangkan gelar turnamen negara pada tahun 1990 dan 1991.

Hansjorg Wyss adalah pendiri Synthes USA, produsen perangkat medis terbesar di dunia dan menghasilkan uang dengan menjual perusahaan tersebut ke Johnson & Johnson.

Dia adalah orang pertama yang go public dengan minatnya dan merupakan pesaing tertua di usia 86 tahun. Boehly dan Wyss akan bekerja sama untuk mempelopori konsorsium multi-investor.

3. MUHSIN BAYRAK, 50 tahun, £8 miliar (Rp150,4 Triliun)

Miliarder Turki yang menghasilkan uang sebagai Ketua perusahaan sendiri AB Group Holding, yang telah berinvestasi di bidang pariwisata, cryptocurrency, dan konstruksi.

Dilaporkan bahwa Abramovich terbang ke Turki dengan pesawat pribadi awal pekan ini untuk bertemu Bayrak, yang tampaknya tulus untuk kepentingan Chelsea.

Dan dia mengatakan bahwa dia sedang dalam pembicaraan untuk membeli The Blues, dengan negosiasi yang sedang berjalan. Penandatanganan pertamanya adalah bek Leicester dan Turki Caglar Soyuncu.

4. JAMIE REUBEN, 34 tahun, £12 miliar (Rp225 Triliun)

Ayah dan pamannya mungkin telah membeli sepuluh persen saham di Newcastle tahun lalu dan dia ditambahkan ke dewan direksi. Tapi Jamie Reuben adalah penggemar Chelsea dan akan menikmati kesempatan untuk mengambil alih kepemilikan.

Tetapi akan ada sejumlah komplikasi karena minat dan kendali keluarga kaya raya di St James’ Park. Reuben Jr berteman dengan Boris Johnson, Kim Kardashian, Paris Hilton, dan Jamie Redknapp dan memiliki kapal pesiar mewah seharga £65 juta, seperti Anda. 5. BERNARD ANTWI BOASIAKO, 45 tahun, £100 juta (Rp1,88 Triliun)

Bernard Antwi Boasiako bisa dibilang meluncurkan tawaran paling ambisius untuk membeli Chelsea – tetapi berharap dia bisa mendapatkan emas. Pemilik tambang emas, bos stasiun radio dan politisi adalah masalah besar di Ghana.

Tetapi dengan kekayaan yang dilaporkan hanya £100 juta atau sekitar Rp1,88 triliun, itu tidak mungkin cukup untuk membeli klub juara dunia. Apalagi jika dia terus menekan rencana untuk mengontrak Cristiano Ronaldo, Lionel Messi dan Vinicius Jr.

Kandidat Lain

Woody Johnson, pemilik tim NFL New York Jets dan sahabat Donald Trump, telah dianggap sebagai calon pembeli lain, seperti halnya grup Media Saudi swasta. Miliarder Josh Harris, pemegang saham minoritas di Crystal Palace, juga telah dikaitkan dengan kepindahan untuk membeli salah satu tim sepak bola paling modis di dunia.

Si Jenius Moneyball Billy Beane adalah bagian dari perusahaan yang mengincar tawaran. Pria Amerika berusia 59 tahun itu mengukir namanya sebagai pemain bisbol sebelum beralih ke bisnis di mana ia menggunakan pendekatan ‘Moneyball’ yang terkenal sebagai manajer umum Oakland Athletics Major League Baseball.

Javed Afridi adalah CEO raksasa listrik konsumen Haier Pakistan, dan dia juga memiliki perusahaan mobil. Pengusaha berusia 36 tahun itu sudah memiliki dua waralaba kriket – Peshawar Zalmi di Liga Super Pakistan, dan Benoni Zalmi di Liga Global T20 Afrika Selatan.

Michael Rubin, pemilik grup merchandise olahraga Fanatics, diperkirakan tertarik untuk menawar klub tersebut. Perusahaannya Fanatics sendiri diklaim bernilai lebih dari £20 miliar – lebih dari cukup untuk memenuhi tuntutan £3 miliar Abramovich.

Sir Jim Ratcliffe, orang terkaya di Inggris pada tahun 2018 menghasilkan miliaran dolar sebagai insinyur kimia yang berubah menjadi pemodal dan industrialis. Meskipun kepala Ineos adalah penggemar Manchester United, dia memegang tiket musiman di Chelsea. {sindo}