Materi Pemain Mumpuni, Rionny Mainaky Optimis Indonesia Bakal Borong Gelar Juara All England 2022

KEPALA Bidang Pembinaan dan Prestasi (Binpres) Federasi Bulu Tangkis Indonesia (PBSI), Rionny Mainkay mengaku optimis, Indonesia bisa juara All England 2022. Dirinya tidak ada keraguan sama sekali, melihat materi pemain yang berangkat ke Inggris sangat mumpuni dan berpotensi.

Tim Merah-Putih memang menurunkan para penggawa terbaiknya, yang tergabung di Pelatnas Cipayung. Pada nomor tunggal putra, tiga jagoan Indonesia bakal tampil sekaligus, yaitu Anthony Sinisuka Ginting, Jonatan Christie dan Shesar Hiren Rhustavito.

Kemudian, di nomor tunggal putri, ada Gregoria Mariska Tunjung, yang berstatus sebagai pemain Tanah Air dengan peringkat tertinggi di kelasnya. Lalu, tiga ganda putra terbaik akan mentas di Negeri Ratu Elizabeth.

Di antaranya, Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo, Hendra Setiawan/Mohammad Ahsan dan Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto.

Sementara pada nomor ganda putri, peraih emas Olimpiade Tokyo 2020, Greysia Polii/Apriyani Rahayu juga akan turun di Inggris. Kemudian, pasangan muda yang sedang naik daun, Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas Mentari, mewakili Tim Garuda pada nomor ganda campuran.

Melihat komposisi pemain tersebut, Rionny yakin Indonesia punya kesempatan besar untuk mengoleksi gelar juara All England 2022.

Menurutnya, nomor tunggal putra, ganda putra dan ganda putri bakal menjadi pemenang berpotensi juara di turnamen bulu tangkis tertua di dunia itu.

“Bicara soal peluang, bisa saya katakan peluang kita tetap terbuka. Ini karena kita menyertakan pemain terbaik dan terkuatnya,” kata Rionny dikutip dari rilis PBSI, Selasa (15/3/2022).

“Saya memasang target, tahun ini harus ada wakil Indonesia yang juara. Soal dari mana gelar bisa diraih, setidaknya dari tunggal putra, ganda putra, atau ganda putri,” imbuhnya.

Rionny memang target tinggi pada para anak asuhnya. Sebab, All England adalah turnamen paling bergengsi. Rionny juga berpendapat bahwa seorang pemain belum memiliki gelar yang lengkap jika belum mengantongi trofi di All England.

“Bisa saya katakan, dibandingkan turnamen lain, All England itu beda gengsinya. Semua pemain terbaik dunia selalu hadir di sini. Ada anggapan bahwa seorang pemain apabila belum menjuarai All England, belum lengkap prestasinya,” ucapnya.

Gelaran All England 2022 sendiri dijadwalkan berlangsung pada 16-20 Maret 2022 di Utilita Arena Birmingham. Para penggawa Indonesia diharapkan bisa tampil lebih baik setelah mendapat hasil kurang memuaskan pada German Open 2022 yang berlangsung pekan lalu. {okezone}