Digugat Cerai Suharso Monoarfa, Nurhayati Effendi: Rumah Tangga Kami Baik-Baik Saja

Menteri Negara Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN) Kepala Bappenas, Suharso Manoarfa dikabarkan mengajukan gugatan perceraian atas sang istri Nurhayati Effendi ke Pengadilan Agama (PA) Jakarta Selatan.

Humas Pengadilan Agama Jakarta Selatan, Taslimah mengatakan gugatan perceraian tersebut terdaftar dengan nomor perkara 568/PDt G/PA.JS. Saat ini sudah memasuki agenda mediasi antara kedua belah pihak.

“Memanggil pihak termohon dan pemohon dari kuasanya diperintahkan hadir dan selanjutnya diperintahkan untuk mediasi. Hari ini 23 Maret, agendanya adalah mediasi lanjutan,” ujar Taslimah kepada wartawan, Rabu (23/3).

Taslimah menuturkan, untuk agenda mediasi kali ini Nurhayati hadir ke Pengadilan Negeri Jakarta Selatan. Sementara Suharso diwakili oleh kuasa hukumnya. “Kebetulan termohon (Nurhayati-Red) hadir, didampingi kuasa hukumnya,” katanya.

Adapun pengajuan gugatan cerai tersebut diajukan Suharso terhadap sang istri yang diketahui sebagai anggota DPR RI tersebut dengan nomor berkas perkara: 568/PDt G/PA.JS. Pengajuan pendaftaran dilakukan pada 31 Januari 2022.

Sementara dikonfirmasi terpisah, Nurhayati Effendi mengaku rumah tangannya dengan Ketua Umum Partai Persatuan Pembangunan (PPP) tersebut dalam keadaan baik-baik saja, namun memang saat ini sedang ada masalah.

“Rumah tangga kami baik-baik saja, sedikit ada masalah, tapi baik-baik saja,” kata Nurhayati kepada JawaPos.com.

Anggota Komisi IX DPR RI pun membantah bahwa sang suami telah mengajukan gugatan cerai ke Pengadilan Agama Jakarta Selatan. “Tidak benar (Suharso Monoarfa mengajukan gugatan cerai-Red). Terima kasih,” ungkapnya.

Sampai saat ini, Suharso Monoarfa belum merespons pertanyaan yang diajukan oleh JawaPos.com soal gugatan cerai yang dilakukannya tersebut.

Adapun berdasarkan penelurusan redaksi JawaPos.com pada 2011 silam, Suharso juga pernah digugat oleh istri pertamanya bernama Carolina Kalukum. Kala itu, Carolina mengajukan gugatan cerai ke Pengadilan Agama Jakarta Selatan. {JP}