Bukan Hanya Manchester City, Ini 5 Klub Eropa Yang Dimiliki Pengusaha Muslim

5 klub Eropa yang dimiliki pengusaha muslim akan dibahas Okezone. Sebagaimana diketahui, sepakbola kini sudah menjadi industri sehingga banyak pengusaha yang terjun ke dalamnya.

Pengusaha-pengusaha itu ingin mendapatkan keuntungan dan membawa klub masing-masing meraih prestasi tertinggi di dunia sepakbola. Akan tetapi, kedua hal itu terkadang tidak berjalan bersamaan. Nah, berikut lima klub Eropa yang dimiliki pengusaha muslim:

5. Malaga

Daftar ini akan dimulai dengan Malaga yang dimiliki oleh Sheikh Abdullah Al Thani sejak 2010. Sekadar informasi, Sheikh Abdullah Al Thani adalah anggota keluarga kerajaan Qatar.

Pada awal kepemimpinannya, Malaga mampu unjuk gigi meski belum mampu menggusur dominasi Real Madrid dan Barcelona di Spanyol. Sayang, Malaga kini berlaga di divisi dua Spanyol sejak 2018 silam.

4. Everton

Selanjutnya, ada Everton yang dimiliki oleh pengusaha berdarah Iran, Farhad Moshiri. Pada 2016, Farhad hanya memiliki49,9 persen saham klub, tetapi dia kini sudah memiliki 77,2 persen.

Sayang, prestasi Everton tidak sesuai harapan. The Toffees bahkan harus berjuang untuk menghindari zona degradasi pada musim 2021-2022.

3. Paris Saint-Germain (PSG)

Sejak 2011 silam, Paris Saint-Germain (PSG) dimiliki oleh Qatar Sports Investments yang dipimpin oleh Nasser Al-Khelaifi. PSG pun menjelma menjadi raksasa Eropa baru dengan merekrut para pemain bintang.

PSG pun mampu menjadi raja kompetisi domestik Prancis sejak 2011. Akan tetapi, PSG belum bisa menjadi raja di Eropa. Teranyar, PSG gugur di 16 besar Liga Champions 2021-2022.

2. Manchester City

Posisi kedua ada Manchester City yang dimilik oleh Sheikh Mansour sejak 2008 silam. Sejak berganti kepemilikan, Man City perlahan-lahan berubah jadi klub yang dihuni para pemain bintang.

Man City pun mulai menancapkan taringnya di kompetisi domestik Inggris. Akan tetapi, seperti PSG, Man City belum mampu menjadi raja di Eropa. Prestasi terbaik Man City adalah menjadi finalis Liga Champions musim lalu.

Kini, Man City masih aktif berkompetisi di Liga Champions 2021-2022. Kegagalan musim lalu mungkin bisa dibayar oleh The Citizens.

1. Newcastle United

Posisi pertama ditempati oleh Newcastle United yang baru saja diakuisisi oleh Public Investment Fund (PIF) pada akhir tahun lalu. Grup itu dipimpin oleh Pangeran Mohamed bin Salman yang merupakan putra mahkota Arab Saudi.

Newcastle belum mendapatkan apa pun sekarang karena akuisisi baru berjalan beberapa bulan. Hanya saja, dampak instan dari hadirnya Pangeran Mohamed bin Salman adalah Newcastle bisa bangkit dari keterpurukan.

Sempat berada di zona degradasi, Newcastle kini mulai mendekati papan tengah Liga Inggris 2021-2022. {okezone}