News  

5 Negara Ini Serius Pelajari Bahasa Indonesia Hingga Jadi Mata Kuliah Wajib

Bahasa Indonesia merupakan bahasa persatuan kita. Tapi, tahukah kamu bahasa indonesia ternyata telah mendunia hingga banyak negara mempelajari bahasa tersebut. Keunikan dan kecintaan budaya Tanah Air membuat sejumlah negara tertarik mempelajarinya.

Tidak hanya itu saja, bahasa indonesia juga ternyata telah dijadikan sebagai mata universitas di berbagai negara.

Di samping Presiden Republik Indonesia yang selalu berhubungan baik dengan pemimpin negara lainnya, bahasa indonesia juga ternyata memiliki keunikan tersendiri hingga dipelajari banyak negara.

Untuk itu, berikut sejumlah yang telah mempelajari bahasa indonesia. Bahkan, ada juga yang membuat bahasa persatuan kita ini menjadikan mata kuliah wajib di berbagai universitas.

Belanda

Tak dimungkiri, Belanda merupakan negara yang sempat menjajah Tanah Air kita selama 350 tahun. Namun, di balik itu, Negeri Kincir Angin ini ternyata tak melupakan bahasa indonesia yang sempat mereka kuasai ketika menjajah Ibu Pertiwi.

Mengutip Mastering Bahasa, beberapa sekolah hingga universitas telah membuat bahasa indonesia sebagai mata pelajaran/kuliah mereka. Tidak hanya itu saja, dari berbagai sumber, sejumlah sekolah mulai SMA hingga universitas telah memiliki mata pelajaran bahasa indonesia.

Amerika Serikat

Amerika Serikat merupakan negara berikutnya yang juga mempelajari bahasa indonesia. Bahkan, universitas ternama di Negeri Paman Sam tersebut telah memasukkan bahasa indonesia sebagai mata kuliah wajib.

Mulai dari Cornel University, University of Michigan, University of Hawa’i’ Manoa dan Ohio University.

Tidak hanya saja, dikabarkan, setiap kampus yang memiliki mata kuliah tersebut juga mempelajari ilmu linguistik mengenai bahasa indonesia.

Australia

Australia merupakan salah satu negera tetangga terdekat Indonesia yang juga mempelajari bahasa indonesia. Negeri Kangaru ini ternyata juga selalu memiliki hubungan erat dengan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia.

Tak ayal, bahasa indonesia kini merupakan bahasa yang telah dipelajar di berbagai sekolah menengah dan atas di sana.

Selain itu, menurut berbagai sumber, universitas-universitas favorit juga telah menjadikan bahasa indonesia sebagai mata kuliah mereka yakni University of Sydney, Monash University, Australian National University, University of Western Australia.

Inggris

Selanjutnya, Inggris juga telah mempelajari bahasa indonesia dan menjadikannya sebagai mata kuliah hingga saat ini.

Bahkan, lebih mengejutkan lagi, Negeri Ratu Elizabeth tersebut juga telah memiliki Perpustakaan Bahasa Malaysia dan Indonesia alias British Library of Malay and Indonesian Manuscripts.

Tak cakup sampai di situ, University of London ternyata jua memiliki mata kuliah atau jurusan bahasa indonesia. Hebat, bukan?

Asia Timur (Jepang dan Korea Selatan)

Jepang dan Korea Selatan merupakan negara Asia Timur yang sangat tertarik mempelajari bahasa indonesia. Bahkan, Presiden Joko Widodo sempat terkesan saat berkunjung ke Korea Selatan ketika seorang mahasiswa lokal setempat berbahasa indonesia pada 2018 lalu.

Selain itu, Negeri Ginseng itu juga memiliki mata kuliah dan jurusan bahasa indonesia di Hankuk University of Foreign Studies. Sementara itu, Jepang juga telah mempelajari bahasa indonesia terkhusus di Tokyo University.

Malaysia, Singapura, dan Thailand

Tetangga Indonesia yakni Malaysia, Singapura, dan Thailand merupakan negara Asia Tenggara yang telah mewajibkan mata pelajaran/kuliah bahasa indonesia di berbagai sekolah termasuk universitas

Bahkan, Thailand telah terbiasa berbahasa indonesia terutama di daerah wisata karena turis Indonesia sering berwisata ke Negeri Gajah Putih itu. Tak ayal, selain bahasa inggris, banyak pemandu wisata juga mampu berbahasa indonesia.

Itulah negara-negara yang ternyata mempelajari hingga menjadikan bahasa indonesia sebagai mata pelajaran/kuliah mereka. Bahkan, ada yang sampai membuat bahasa Ibu Pertiwi tersebut sebagai mata kuliah wajib di universitas. {kumparan}