News  

Anies Baswedan Bakal Gelar Malam Takbiran dan Shalat Idul Fitri di JIS

Pemerintah Provinsi DKI Jakarta menyelenggarakan rangkaian kegiatan selama Ramadhan hingga pelaksanaan salat Idul Fitri 1443 H. Jakarta International Stadium (JIS), akan dijadikan sebagai tempat festival malam takbiran dan juga pelaksanaan Salat Ied.

“Festival Malam Takbiran di Jakarta International Stadium pada malam lebaran. Salat Idul Fitri 1443 H di Jakarta International Stadium,” kata Kepala Biro Pendidikan Mental dan Spiritual (Dikmental) Provinsi DKI Jakarta, Gunas Mahdianto di Jakarta, dikutip Senin 4 April 2022.

Jelas dia, kegiatan itu diselenggarakn dengan tetap menerapkan protokol kesehatan di masa pandemi. Acara tersebut dengan kolaborasi antar OPD Provinsi DKI Jakarta dan Badan Usaha Milik Daerah (BUMD).

“Ada beragam kegiatan dengan tema Ramadhan di Jakarta #RayakanKebersamaan. Kami berharap kegiatan ini mampu memantik semangat masyarakat untuk tetap lebih khusuk ibadah, meningkatkan ukhuwah, dan menyemarakkan bulan Ramadhan.

Selain itu ada juga kegiatan amal yang bertujuan untuk menumbuhkan semangat berbagi antar sesama,” terangnya.

Berbagai kegiatan selama Ramadhan dan Idul Fitri 1443 sebagai berikut:

a. Munggahan Ramadhan dengan para pimpinan lembaga dan organisasi masyarakat Islam pada 1 April 2022.

b. Ornamen Ramadhan dengan menghias ruang publik, seperti logo, umbul-umbul, dekorasi khusus Ramadan di Jakarta yang berkolaborasi dengan swasta.

Ornamen bertemakan Ramadan dari tanggal 26 Maret – 1 Mei 2022, dan Ornamen bertemakan Idulfitri tanggal 1 Mei – 14 Mei 2022 di 5 wilayah kota administrasi.

c. Ramadhan Market dan Jazz Festival dalam bentuk bazar untuk menggairahkan aktivitas ekonomi UMKM, serta penampilan musik dan dakwah di Lapangan Banteng pada tanggal 11-24 April 2022. Dengan kolaborator Semasa, localmarket.id, Ramadan Jazz, JFW, Wardah, dan Kelas Pagi.

d. Ramadhan Market Festival di setiap Kelurahan dengan menyajikan makanan buka puasa dan produksi usaha mikro kecil.

e. Wisata Religi Spesial Ramadhan, dengan melibatkan konten kreator agar publik secara luas dapat merasakan keberadaan peradaban Islam di Jakarta.

f. Rangkaian kunjungan Gubernur ke masjid/pondok pesantren, dan sebagainya.

g. 30 hari khatam Alquran, berlomba mengumpulkan pahala dan kebaikan dengan mengkhatamkan Alquran bersama aparatur wilayah, kolaborator, dan masyarakat umum selama bulan Ramadan.

h. Kolaborasi kebaikan berbagi hidangan buka puasa, dengan menyediakan setiap hari minimal 50.000 (lima puluh ribu) bungkus yang dibagikan ke masjid, musholla, halte Transjakarta, dan ruang publik lainnya, pada tanggal 2 April – 1 Mei 2022.

i. Duta Imam Salat Tarawih, yang mengutus 200 orang terbaik dan telah diseleksi untuk menjadi Imam Salat Tarawih di masjid pilihan pada 2 April – 1 Mei 2022.

“Kegiatan kolaborasi masyarakat, mendukung dan mengolaborasikan kegiatan yang diinisiasi Lembaga Keagamaan Islam selama bulan Ramadhan,”.

Kegiatan ini dilakukan dengan kolaborasi lintas OPD Provinsi DKI Jakarta dan BUMD seperti PT Jakarta Tourisindo (Jakarta Experience Board), PT Jakarta Propertindo, PT Transportasi Jakarta, PT MRT Jakarta.

Lalu ada PT Bank DKI Jakarta, PT Pembangunan Jaya Ancol, PT LRT, PT MITJ, dan Perumda Pasar Jaya. Kolaborasi juga dilakukan dengan ormas Islam, swasta, dan masyarakat luas. Untuk info lebih lengkap dan jadwal acara lebih lanjut, dapat diakses melalui instagram. {viva}