JK: Pecah Tidak Pecah Soal Biasa Di Golkar

JK: Pecah Tidak Pecah Soal Biasa Di Golkar Radar Aktual

Wakil Presiden (Wapres) Jusuf Kalla (JK) menanggapi santai isu pecahnya internal Partai Golkar. JK justru menyelipkan candaan saat ditanya soal isu tersebut. “Soal pecah (atau) tidak pecah itu soal biasa di Golkar itu,” kata JK sembari tertawa di Kantor Wakil Presiden, Selasa (28/8/2018).

Isu perpecahan di internal Golkar merebak setelah politisi senior Golkar Fadel Muhammad melontarkan penyataan soal kondisi internal. Fadel sempat mengatakan internal Golkar berpotensi terbelah pada Pilpres 2019. Hal itu disebabkan karena Jokowi tidak memilih kader Golkar sebagai cawapres.

Namun JK yakin kekhawatiran Fadel Muhammad tersebut takkan terjadi. “Saya kira kasus ini tidak akan pecah. Ya. saya yakin begitu (Partai Golkar solid),” kata dia.

Kemarin, Ketua Umum DPP Partai Golkar Airlangga Hartarto menegaskan DPP solid mendukung pasangan Joko Widodo-Ma’ruf Amin dalam Pilpres 2019.

Pernyataan itu dia sampaikan saat ditanya kabar perpecahan di internal Partai Golkar seperti yang dilontarkan Fadel Muhammad. “Kalau DPP sih solid ya,” ujar Airlangga di Kantor DPP Partai Golkar, Jakarta, Senin (27/8/2018).

Ia justru menilai pernyataan Fadel Muhammad bukanlah suara partai. Airlangga merujuk keputusan Fadel Muhammad yang maju sebagai calon anggota DPD.

“Pak Fadel Muhammad itu sudah nyalon jadi DPD. Pada saat nyalon DPD dan sudah diterima pencalonannya oleh KPU, maka yang bersangkutan tidak bisa lagi berbicara lagi tentang partai,” kata Airlangga.