News  

Bamsoet Dukung Rencana Jokowi Batasi Impor Barang Konsumsi

Bamsoet Dukung Rencana Jokowi Batasi Impor Barang Konsumsi Radar Aktual

Ketua DPR Bambang Soesatyo (Bamsoet) menyatakan dukungannya atas ikhtiar pemerintah menjaga transaksi berjalan yang saat ini mengalami defisit hingga 3 persen. Salah satu opsi yang tengah dikaji Presiden Joko Widodo (Jokowi) adalah menerapkan pembatasan atas 900 produk impor barang di sektor konsumsi.

“Pimpinan DPR mendukung rencana pemerintah membatasi produk-produk impor untuk konsumsi,” ujar Bambang di Jakarta, Selasa (28/8/2018).

Namun, Bamsoet meminta Kementerian Perdagangan (Kemendag) dan Kementerian Perindustrian (Kemenperin) mendata jenis produk impor barang konsumsi yang akan dibatasi.

Menurutnya, pembatasan tidak boleh mengganggu atau mematikan aktivitas produksi industri dalam negeri. “Investasi dan produksi di dalam negeri harus terjaga,” tegasnya.

Oleh karena itu Bamsoet meminta Kemendag berkoordinasi dengan Kamar Dagang dan Industri (KADIN) serta Gabungan Pengusaha Eksportir Indonesia untuk mengkaji dampak pembatasan impor tersebut.

Menurutnya, pemerintah sebaiknya meminta pendapat kalangan usaha dalam menyusun jenis barang impor yang akan dibatasi. “Agar tidak menimbulkan gejolak dalam negeri,” tuturnya.

Lebih lanjut Bamsoet mengatakan, jika kebijakan pembatasan produk impor itu diterapkan maka pemerintah harus secara ketat mengawasinya.

Harapannya, Kemenperin bisa menggenjot penggunaan bahan konsumsi dalam negeri. Menurut Bamsoet, pembatasan impor bisa menjadi momentum menggenjot industri dalam negeri. “Agar kualitas produksinya meningkat sehingga dapat bersaing dengan produk luar negeri,” pungkasnya.