5 Pesepakbola Ini Gagal Seleksi Timnas Indonesia Tapi Justru Dikontrak Klub Luar Negeri

PEMAIN yang gagal seleksi Timnas Indonesia tapi malah dikontrak klub luar negeri menarik dikulik. Sebab, mereka bisa menunjukkan kiprah manis, meski akhirnya gagal membela Timnas Indonesia.

Sejumlah pesepakbola Tanah Air memang sukses menunjukkan kualitasnya kala bermain di level klub. Tak ayal, mereka pun mendapat panggilan untuk membela Timnas Indonesia.

Namun, beberapa pemain harus menelan nasib berbeda. Meski gacor di level klub, panggilan membela Timnas Indonesia di ajang bergengsi tak kunjung didapat karena gagal lolos seleksi. Namun, kegagalan ini tampaknya dijadikan mereka sebagai pemacu untuk bekerja lebih baik lagi.

Sebab, beberapa pesepakbola yang gagal seleksi Timnas Indonesia justru dapat kontrak dari klub luar negeri. Siapa saja mereka? Berikut 5 pemain yang gagal seleksi Timnas Indonesia tapi malah dikontrak klub luar negeri.

5. Nathan Muskitta

Salah satu pemain yang gagal seleksi Timnas Indonesia tapi malah dikontrak klub luar negeri ialah Nathan Muskitta. Dia merupakan bintang muda di sepakbola Indonesia. Namun, kualitas permainan Nathan Muskitta belum bisa membawanya membela Timnas Indonesia.

Nathan Muskitta gagal dalam seleksi Timnas Indonesia. Namun, dia berhasil mencuri perhatian klub luar negeri. Nathan Muskitta pernah trial di klub Inggris, yakni West Ham United. Dia juga bermain di Ajax Amsterdam.

4. Terens Puhiri

Kemudian, ada nama Terens Puhiri. Sosoknya mencuri perhatian publik kala dipanggil Shin Tae-yong untuk membela Timnas Indonesia di FIFA Matchday Januari 2022. Dia membantu skuad Garuda menang atas Timor Leste berkat gol ciamiknya.

Namun, jauh sebelum itu, pemain asal Papua itu pernah gagal dalam seleksi Timnas Indonesia. Meski begitu, pemain berusia 25 tahun itu tak menjadikannya sebagai pukulan.

Terens Puhiri justru sukses berkarier di luar negeri usai dikontrak salah satu klub kasta tertinggi Liga Thailand, yakni Port FC.

3. Charalambos Elias David

Di urutan ketiga, ada nama Charalambos Elias David. Dia juga gagal lolos seleksi Timnas Indonesia U-19. Bahkan, Charalambos Elias David harus mengalaminya sampai dua kali.

Namun, Elias David Charalambos ogah terpuruk. Dia tetap tampil ciamik sehingga dikontrak salah satu klub asal Yunani, yakni Agia Paraskevi FC.

2. Nicholas Pambudi

Lalu, ada Nicholas Pambudi. Dia juga pernah gagal dalam seleksi Timnas Indonesia. Namun, kondisi ini tak membuat Nicholas Pambudi menyerah.

Bahkan, Nicholas Pambudi yang pernah mengemban ilmu di salah satu akademi di Barcelona bernama Marcet Fundation ini dikontrak salah satu klub di Yunani, yakni Tessaloniki FC.

1. Rafid Habibie

Terakhir, pemain yang gagal seleksi Timnas Indonesia tapi malah dikontrak klub luar negeri ialah Rafid Habibie. Dia merupakan cucu Presiden Ketiga Indonesia BJ Habibie.

Rafid Habibie pun pernah dipanggil mengikuti seleksi Timnas Indonesia pada 2017. Namun, dia gagal menembus Timnas Indonesia. Kondisi ini tak membuatnya menyerah sehingga Rafid mendapat kesempatan membela salah satu klub dari Italia, yakni Santarcangelo Calcio. {okezone}