Kunjungi Gaza, Fadli Zon: Kami Tegaskan Dukung RI Untuk Palestina Merdeka

Grup Kerja Sama Bilateral (GKSB) Indonesia-Palestina bersama dengan Badan Kerja Sama Antar Parlemen (BKSAP) DPR RI akan mengunjungi Palestina pada Mei 2022 mendatang.

Ketua BKSAP DPR RI, Fadli Zon menjelaskan bahwa DPR tengah menyiapkan sejumlah alternatif tujuan, antara lain di Gaza, Ramallah, dan Amman.

“Nah keliatannya kalau di Gaza kita lihat baru kemarin ya ada juga penyerangan oleh Israel ke Gaza, kalau situasi keamanan tidak memungkinkan saya kira agak sulit juga untuk ke Gaza. Kemugkinan ke Ramallah atau ke Amman Yordan, itu rencananya,” kata Fadli di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Kamis (21/4/2022).

Fadli mengatakan kedatangan anggota DPR ke Palestina untuk menegaskan dukungan kemerdekaan terhadap Palestina. Wakil Ketua Umum Partai Gerindra itu mengatakan Indonesia memiliki hubungan khusus dengan Palestina.

“Karena kita dari pemerintahan ke pemerintahan selalu mendukung kemerdekaan Palestina dan saya kira juga kemarin disampaikan oleh ketua DPR bahwa kita sangat berkomitmen bahwa parlemen untuk tetap mendukung Palestina merdeka,” tegasnya.

Fadli juga mengecam mengutuk agresi Israel di tengah situasi Ramadhan. Terlebih lagi serangan juga terjadi di kompleks masjidil Aqsa.

Ia juga mengecam tindakan Israel yang kerap memborbadir Jalur Gaza seperti yang terjadi tahun lalu. Menurutnya serangan demi serangan yang digencarkan Israel tidak dibenarkan.

“Ya jadi BKSAP ke sana juga mengukuhkan komitmen kita bahwa kita mendukung kemerdekaan Palestina dan kita mengutuk agresi Israel,” ujarnya. {republika}