Francesco Bagnaia Menang MotoGP Spanyol 2022, Marc Marquez Gagal Naik Podium

HASIL race MotoGP Spanyol 2022 sudah diketahui. Pembalap Ducati Lenovo, Francesco Bagnaia, keluar sebagai pemenang dalam balapan seri keenam MotoGP 2022 ini. Sementara Marc Marquez, dia finis di posisi keempat.

Balapan seru tersaji di Sirkuit Jerez, Spanyol, Minggu (1/5/2022) malam WIB. Bagnaia sendiri mengawali balapan dengan sangat baik. Memulai dari pole position, Pecco -sapaan akrab Bagnaia- bisa langsung melaju cepat ke depan sehingga memimpin balapan.

Di belakang Bagnaia, ada Fabio Quartararo dan Jack Miller yang mengisi berurutan di posisi dua dan tiga. Marc Marquez sendiri yang mengawali balapan dari posisi kelima, bisa maju ke urutan empat usai menyalip Aleix Espargaro di awal balapan.

Setelah itu, kondisi balapan berjalan lebih stabil. Bagnaia terus memimpin balapan, sementara Quartararo beberapa kali mencoba untuk menyalip, namun selalu gagal terjadi.

Di luar persaingan empat besar itu, sejumlah insiden mewarnai balapan. Di awal balapan, drama bahkan sudah terjadi yang melibatkan pembalap Pramac Ducati, Jorge Martin, dengan rider penguji Honda yang mendapat wildcard, Stefan Bradl.

Setelah itu, rekan setim Martin yang ketiban apes. Ya, Johann Zarco harus terjatuh di lap kesembilan. Dia akhirnya gagal melanjutkan balapan hingga garis finis usai motornya terseret ke gravel.

Hingga memasuki pertengahan balapan, kondisi persaingan perebutan podium masih belum banyak mengalami perubahan. Quartararo masih berjuang mengejar Bagnaia yang terus memimpin.

Sementara itu, persaingan perebutan tempat ketiga berjalan lebih sengit. Jack Miller terus dikejar oleh Marc Marquez dan Aleix Espargaro yang berjuang mencari celah agar mengakhiri balapan dengan naik podium.

Di lima lap terakhir, balapan persaingan pun berjalan sengit. Marc Marquez sempat berhasil menyalip Jack Miller sehingga merebut posisi ketiga. Namun, posisi ini gagal dipertahankan lama. Dia kemudian disalip Aleix Espargaro dan Jack Miller karena nyaris terjatuh saat hendak menikung.

Balapan pun akhirnya dimenangi oleh Bagnaia. Quartararo finis di posisi kedua, sementara Aleix Espargaro mengisi podium ketiga.

Berikut Hasil Race MotoGP Spanyol 2022:

1. Francesco Bagnaia

2. Fabio Quartararo

3. Aleix Espargaro

4. Marc Marquez

5. Jack Miller {okezone}