10 Akun Instagram Legislator Partai Golkar DPR RI Dengan Followers Terbanyak, Paling Atas Youtuber Ternama

Instagram menjadi salah satu platform media sosial yang populer di dunia. Jumlah penggunanya mencapai 1 miliar lebih. Berdasar data dari Statista (Januari 2022) Indonesia sendiri merupakan negara keempat dengan pengguna instagram terbesar di dunia di bawah India, Amerika Serikat dan Brazil dengan pengguna aktif mencapai 99, 1 juta orang.

Alasan banyak orang Indonesia menggunakan instagram pun beragam, mulai dari ingin menunjukkan eksistensi diri, sebagai branding image, sampai pada profesi sebagai selebgram. Ya, Instagram memang menghasilkan pundi-pundi rupiah jika follwers akun kita berjumlah besar dan kita mampu memberikan konten yang menarik.

Untuk dunia politik pun instagram bisa dikatakan sebagai platform media sosial yang multifungsi. Instagram sangat efektif untuk melakukan kampanye, karena memuat foto momen disertai dengan caption tulisan sebagai keterangan momen tersebut.

Berbicara mengenai instagram dan dunia politik, ternyata Partai Golkar memiliki banyak kader dengan jumlah followers besar loh! Tidak kalah dengan selebgram-selebgram papan atas Indonesia. Mau tahu siapa saja politisi Partai Golkar yang berkiprah di DPR RI sebagai legislator yang memiliki followers akun instagram terbesar? Yuk simak hasil rangkuman Golkarpedia Research Center.

1. Dedi Mulyadi

Dedi Mulyadi dengan akun @dedimulyadi71 memiliki followers akun instagram sebanyak 823.000 akun. Ini menjadikannya sebagai politisi Partai Golkar dengan jumlah followers terbesar.

Tidak hanya instagram, Wakil Ketua Komisi IV DPR ini ternyata juga aktif di Youtube. Bahkan dibanding sebagai politisi, rasanya pria yang akrab disapa Kang Dedi ini lebih nyaman menjadi seorang youtuber ya!

Jumlah subscriber youtube Kang Dedi Mulyadi Channel pun sangat besar, mencapai 3,43 juta orang. Wah sukses ya Kang Dedi Mulyadi di youtube! Konten youtubenya juga menarik, selalu bersentuhan dengan masyarakat. Karena keaktifannya di media sosial, publik jadi mampu menilai kinerja mantan Bupati Purwakarta ini sebagai legislator. Salut deh.

2. Bambang Soesatyo

Selanjutnya ada nama Bambang Soesatyo atau yang akrab disapa Bamsoet. Pemilik akun instagram @bambang-soesatyo ini memiliki followers dengan jumlah lebih dari 400.000 akun yang mengikuti.

Bamsoet juga aktif di channel youtube miliknya yang bernama Bamsoet Channel. Subscriber akun youtubenya pun melimpah, mencapai 157 ribu lebih subscriber. Bagi kalian yang ingin tahu seluk beluk kegiatan Bamsoet dan persoalan ideologi bangsa, Pancasila. Mengikuti akun-akun medsos Ketua MPR RI ini merupakan sebuah keharusan.

3. Nurul Arifin

Nama Nurul Arifin mungkin tidak asing bagi generasi 80 sampai 90an. Nurul Arifin merupakan pesohor dan publik figur. Banyak karya film telah diperankannya. Salah satu yang terkenal adalah film dengan judul Naga Bonar. Saat itu Nurul Arifin sebagai Kirana beradu peran dengan aktor senior Dedi Mizwar.

Atas popularitasnya sebagai selebriti tanah air, akun instagram perempuan yang kini aktif di politik sebagai anggota komisi 1 DPR dari Fraksi Partai Golkar ini ramai diikuti orang. Kami mencatat akun @na_nurularifin difollow oleh lebih dari 91.300 akun. Jumlah yang luar biasa banyak ya!

4. Meutya Hafid

Selain Nurul Arifin, Meutya Hafid juga bisa dikatakan sebagai pesohor negeri. Mantan anchor Metro TV ini sempat dikenal luas namanya ketika ia mengalami peristiwa tidak mengenakkan sewaktu bertugas sebagai reporter di Irak 18 Februari 2005 silam.

Meski tidak mengenakkan, peristiwa itu menjadi titik balik dari seorang Meutya Hafid. Setelah pemerintah Indonesia berhasil menyelamatkan dirinya dan seorang juru kamera Budiyanto. Perempuan yang kini menjabat sebagai Ketua Komisi 1 DPR ini lantas banting setir ke dunia politik.

Akun instagram Meutya Hafid dengan alamat @meutya_hafid pun kini merupakan salah satu akun anggota DPR RI dari Fraksi Golkar yang banyak diikuti oleh publik. Tercatat ada lebih dari 77.200 orang yang mengikutinya.

5. Mukhtarudin

Berbeda dengan Meutya Hafid dan Nurul Arifin yang merupakan seorang pesohor, Mukhtarudin adalah seorang profesional di bidangnya. Mengawali karier di STIE Nusantara lalu menjadi seorang pengusaha, Mukhtrudin menjelma menjadi politisi kawakan di negeri ini.

Pria kelahiran 11 Maret 1965 ini berhasil terpilih sebagai anggota DPR RI sebanyak dua periode yakni tahun 2004-2009 dan 2019-2024. Luar biasa ya pencapaiannya.

Tidak heran jika legislator yang mewakili daerah pemilihan Kalimantan Tengah ini begitu dicintai oleh konstituen dan pemilihnya. Gambaran itu bisa terlihat melalui akun instagram @mukhtarudin miliknya dengan jumlah followers sebesar 73.000.

6. Hasnuryadi Sulaiman

Sosok Hasnuryadi Sulaiman mungkin tidak asing lagi bagi masyarakat Kalimantan Selatan. Pasalnya pria kelahiran 21 Juni 1975 ini adalah pemilik klub sepakbola kebanggan masyarakat Kalimantan Selatan, yakni PS Barito Putera.

Atas popularitasnya tersebut, akun instagram Hasnuryadi Sulaiman pun dibanjir pengikut. Ada 72.500 orang yang mengikuti momen dan keseharian Hasnuryadi Sulaiman di akun instagramnya @hasnur_baritoputera.

7. Hetifah Sjaifudian

Nomor tujuh diisi oleh salah satu srikandi Partai Golkar yang sudah seperti ibu bagi kader Partai Golkar karena sikapnya yang lembut. Politisi asal Kalimantan Timur ini memiliki 67.500 followers di akun instagramnya @hetifah.

Hetifah sangat aktif di instagram, tidak hanya membagikan momen pekerjaannya sebagai Wakil Ketua Komisi X DPR, Hetifah juga seringkali membagikan momen kehangatannnya bersama keluarga.

8. Darul Siska

Selanjutnya di posisi delapan ada nama Darul Siska. Politisi asal Kota Padang, Sumatera Barat ini memiliki followers sebanyak lebih dari 58.000 orang di akunnya @darulsiska. Pria yang sejak tahun 1981 sudah menjadi kader Partai Golkar ini memang senang bersosialisasi. Pantas jika kemudian akun instagramnya diikuti oleh banyak orang.

9. Dewi Asmara

Nomor sembilan ditempati kembali oleh srikandi Partai Golkar asal Sukabumi, Dewi Asmara. Akun instagramnya @dewiasmara.id memiliki lebih dari 50.300 followers. Perempuan cantik yang sudah duduk di DPR RI selama empat periode sejak tahun 2004-2009, 2009-2014, 2014-2019 dan 2019-2024 ini selalu dinantikan aktifitasnya sebagai legislator di akun instagramnya.

10. Idris Laena

Sama seperti Dewi Asmara yang menjabat di DPR RI sebanyak 4 periode sejak tahun 2008 sebagai PAW, nama Idris Laena muncul di urutan kesepuluh. Akun instagramnya @idris.laena memiliki lebih dari 38.000 followers.

Pria yang terpilih sebagai anggota DPR RI dari daerah pemilihan Riau II, yang meliputi Kabupaten Kampar, Kabupaten Indragiri Hulu, Kabupaten Indragiri Hilir, Kabupaten Pelalawan, dan Kabupaten Kuantan Singingi ini cukup aktif di instagram. Kini Idris Laena duduk sebagai anggota Komisi VI DPR yang membidangi industri, investasi, dan persaingan usaha.