News  

Nasib Ratusan Karyawan JungleLand: Kena PHK Awal Pandemi, Ditunggak Gaji Hingga Kini

Para pekerja JungleLand, mengaku masih bermasalah isu ketenagakerjaan hingga saat ini dengan perusahaan.

Perusahaan yang merupakan salah satu lokasi wisata di kawasan Sentul, Bogor, ini disebut-sebut masih menunggak pembayaran gaji tahun 2020.

Kepada kumparan, salah satu pekerja yang terdampak kebijakan PHK karyawan pada awal merebaknya pandemi COVID-19, mengatakan bahwa gaji dan sejumlah haknya belum dibayarkan sampai hari ini.

“Ini sudah dua tahun yang lama ya, katanya dibayarkan di tanggal A, tanggal B, sampai dua tahun kemudian belum dilunasi juga,” cerita karyawan tersebut kepada kumparan, Kamis (12/5).

Karyawan yang sudah bekerja sejak tahun 2017 ini mengungkapkan, kala pandemi baru merebak, JungleLand sempat tutup operasional. Selama kurun waktu setahun, para karyawan mengalami ketidakjelasan nasib.

“Tidak ada kejelasan kontrak atau di-PHK tidak ada. Tiba-tiba di-PHK massal ketika mau operasional kembali,” lanjutnya.

Setidaknya, menurut pengakuan si karyawan, terdapat 300 sampai 400 rekan kerjanya yang bernasib sama. Walaupun kemudian sebagian ada yang dipekerjakan kembali dengan sejumlah syarat.

 

Saat ini, beberapa karyawan masih berharap setidaknya uang gaji serta hak-hak lain seperti BPJS Ketenagakerjaan yang belum dibayarkan selama masa kerja, bisa dipenuhi oleh manajemen.

“Rencana kita masih banyak teman-teman lain yang belum kerja, mengharapkan gaji untuk setidaknya buka usaha,” ujar karyawan yang menghitung setidaknya ada belasan juta rupiah hak yang semestinya bisa dia terima.

Sebelumnya, kasus digantungnya gaji tersebut sempat mencuat pada tahun 2020 dan 2021. Ini berawal dari aksi sejumlah karyawan yang berkomentar di akun instagram pribadi selebriti Nia Ramadhani.

Karyawan ini diketahui bekerja di bawah bendera Jungle Adventure Theme Park Sentul di bawah PT Jungleland Asia, anak usaha dari Graha Andrasentra. Perusahaan yang terakhir disebut ini merupakan milik grup Bakrie, anak usaha PT Bakrie Development Tbk.(Sumber)