Tampil Luar Biasa, Enea Bastianini Diklaim Pembalap Terkuat di MotoGP 2022

Pembalap Gresini Ducati, Enea Bastianini, tampil luar biasa di MotoGP 2022. Penampilan apiknya mendapatkan pujian dari legenda MotoGP, Alex Criville.

Criville takjub dengan performa luar biasa Bastianini. Bahkan menurutnya, Bastianini merupakan pembalap terkuat di MotoGP 2022.

The Beast membuat kejutan pada awal musim MotoGP 2022. Dengan spek motor Desmosedici tahun lalu, dia menjadi pembalap dengan kemenangan terbanyak sejauh ini, yaitu tiga kali.

Pembalap asal Italia itu bahkan mempermalukan para pembalap tim pabrikan Ducati (Ducati Lenovo) di Sirkuit Le Mans, Prancis. Bastianini menyalip Jack Miller, kemudian mengambil alih posisi terdepan dari Francesco Bagnaia yang terjatuh saat berusaha mengejarnya.

Bastianini pun keluar sebagai pemenang dalam balapan di Sirkuit Le Mans. Itu membuatnya kini ada di posisi ketiga klasemen sementara dengan koleksi 94 poin.

Criville menilai, Bastianini menjalani balapan yang sempurna di MotoGP Prancis 2022. Menurutnya, Bagnaia mendominasi lebih dari separuh balapan.

Oleh sebab itu, Criville tak segan menyebut Bastianini sebagai pembalap terkuat yang ada di MotoGP saat ini. Juara dunia kelas 500cc 1999 itu berpendapat, bahwa The Beast memiliki beberapa faktor yang membuatnya sangat hebat musim ini.

“Rahasia Enea Bastianini ada pada set-up dan cara mengemudinya. Dia tahu cara membaca balapan dengan sangat baik dan dia menjaga ban dengan sangat baik sampai akhir balapan,” kata Criville, dilansir dari Motosan, Senin (23/5/2022).

“Itu rahasianya karena dia mendapatkan motor yang sangat tenang, menggambar kurva dengan sangat baik dan mengelola keausan ban dengan sangat baik. Saya pikir sekarang dia yang terkuat di MotoGP,” imbuhnya.

Setelah menang di Prancis, Bastianini hanya terpaut delapan poin dari sang pemuncak klasemen, Fabio Quartararo (Monster Energy Yamaha).

Dia berpotensi merebut posisi Quartararo jika menuai hasil di Sirkuit Mugello dalam MotoGP Italia 2022, Minggu 29 Mei 2022 pukul 19.00 WIB.(Sumber)