News  

KPK OTT 9 Orang di Yogya dan Jakarta, Termasuk Eks Walikota Yogya Haryadi Suyuti

Wali Kota Yogyakarta Haryadi Suyuti ditemui di Pemkot Yogya, Kamis (1/10

KPK melakukan operasi tangkap tangan pada Kamis (2/6). Rangkaian OTT itu digelar di Jakarta dan Yogyakarta.

Salah satu yang terjaring dalam operasi tersebut adalah mantan Wali Kota Yogyakarta, Haryadi Suyuti. Bersama Haryadi, ada 8 orang lain yang turut diamankan KPK.

“Sejauh ini, KPK telah mengamankan setidaknya 9 orang di Yogyakarta dan juga di Jakarta,” kata Plt juru bicara KPK, Ali Fikri, dalam keterangan tertulisnya, Jumat (3/6).

Selain Haryadi, mereka yang diamankan termasuk pihak swasta serta pejabat Pemkot Yogyakarta. Namun Ali tidak menerangkan secara rinci siapa saja kesembilan orang yang diamankan.

“Saat ini para pihak masih dilakukan pemeriksaan di Gedung Merah Putih KPK Jakarta,” pungkas Ali.

Mereka diamankan karena diduga terlibat kasus suap terkait perizinan. Tim KPK menemukan uang mata uang asing dengan nilai setara Rp 290 juta dalam OTT itu.

KPK mempunyai waktu 1×24 jam untuk menentukan status hukum mereka. Saat ini, mereka masih berstatus sebagai terperiksa.

Haryadi merupakan Wali Kota Yogyakarta 2 periode yakni dari 2011 hingga 2022. Dia pun sebelumnya sempat menjabat sebagai Wakil Wali Kota Yogyakarta 2006-2011.

Dia resmi purnatugas pada 22 Mei 2022 lalu dan digantikan oleh Sumadi selaku Penjabat Wali Kota yang sebelumnya menjabat sebagai Asisten Sekda Bidang Administrasi dan Pemerintahan Pemda DIY.(Sumber)