Indonesia Tak Bisa Lolos ke Piala Asia 2023 Lewat Jalur Tuan Rumah, Ini Alasannya!

INDONESIA tak bisa lolos ke Piala Asia 2023 lewat jalur tuan rumah. Penyebabnya karena aturan yang dibuat Konfederasi Sepakbola Asia (AFC).

Ya, Indonesia berpeluang menjadi tuan rumah Piala Asia 2023. Pasalnya, China, yang menjadi tuan rumah sebelumnya, memutuskan mundur karena pandemi Covid-19 belum terkendali.

 

Alhasil, Konfederasi Sepakbola Asia (AFC) menyebarkan undangan kepada 47 negara anggota mereka, termasuk Indonesia, untuk menjadi tuan rumah Piala Asia 2023.

Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan, pun mengaku bakal rapat terlebih dulu dengan Exco PSSI untuk memastikan apakah Indonesia mencalonkan diri sebagai tuan rumah Piala Asia 2023 atau tidak.

Jika menjadi tuan rumah, ada harapan bahwa Indonesia dipastikan bisa berlaga di Piala Asia 2023.

Sebab, biasanya tuan rumah dipastikan bisa lolos secara otomatis ke putaran final Piala Asia 2023, terlepas dari hasil pada babak kualifikasi.

Namun, harapan Timnas Indonesia bisa tampil otomatis ke putaran final Piala Asia 2023 harus sirna.

Pasalnya, AFC menerapkan aturan lain. AFC menegaskan bahwa negara yang tak lolos kualifikasi tak bisa menjadi tuan rumah Piala Asia 2023.

“Hanya tim yang lolos ke Piala Asia yang dapat mengajukan menjadi tuan rumah, jika ada yang berminat menjadi tuan rumah bersama juga dipersilakan,” kata Sekretaris Jenderal AFC, Datuk Windsor Paul, sebagaimana dilansir dari Stadium Astro, Selasa (7/6/2022).

“Penyelenggara bersama diperbolehkan karena kebutuhan menyediakan 8-10 stadion. Jadi, jika ada negara yang ingin menjadi penyelenggara bersama dipersilahkan,” sambungnya.

Dengan begitu, Timnas Indonesia tetap harus berjuang keras di Kualifikasi Piala Asia 2023 untuk memastikan diri tampil di putaran final Piala Asia 2023.

Mereka tak bisa mengandalkan jalur tuan rumah untuk tampil di Piala Asia 2023.

 

Perjalanan armada Shin Tae-yong di Kualifikasi Piala Asia 2023 sendiri akan dimulai besok, Rabu 8 Juni 2022.

Timnas Indonesia akan menghadapi tuan rumah, Kuwait, di laga perdana Grup A Kualifikasi Piala Asia 2023.

Selain Kuwait, Timnas Indonesia juga akan berhadapan dengan Yordania dan juga Nepal di Kualifikasi Piala Asia 2023.

Laga melawan Yordania akan digelar pada Minggu 12 Juni 2022 dini hari WIB, sementara melawan Nepal akan digelar pada Rabu 15 Juni 2022.(Sumber)