Australia Singkirkan Peru, Zona Asia Bikin Sejarah Pertama Kali Kirimkan 6 Wakil Ke Piala Dunia 2022

Pemain Timnas Peru Miguel Trauco berebut bola dengan pemain Timnas Australia Martin Boyle pada pertandingan Kualifikasi Piala Dunia 2022 Qatar di Stadion Al Rayyan, Al Rayyan, Qatar. Foto: Mohammed Dabbous/REUTERS

Sejarah baru tercipta di Piala Dunia. Ada 6 tim dari perwakilan zona Asia (AFC) yang akan berlaga di putaran final Piala Dunia 2022.

Hal itu dipastikan usai Australia mengalahkan Peru dalam laga Inter-Qualification Pra-Piala Dunia 2022 di Ahmad bin Ali Stadium, Al Rayyan, Qatar, pada Selasa (14/6) dini hari WIB.

Socceroos memastikan kemenangan 5-4 via adu penalti usai main 0-0 di waktu normal dan perpanjangan waktu.

Menurut pemaparan ESPN, ini adalah untuk pertama kalinya dalam sejarah, zona Asia akan memiliki enam tim yang bertanding di putaran final Piala Dunia.

Australia menyusul 5 tim lain yang sebelumnya telah dipastikan lolos.

Mereka adalah Qatar (tuan rumah), Iran, Jepang, Korea Selatan, dan Arab Saudi.

Ini menjadikan zona Asia sebagai pengirim wakil terbanyak kedua ke Piala Dunia 2022, setelah Eropa yang memiliki 13 wakil.

Undian babak grup Piala Dunia 2022 telah dihelat di Doha, Qatar, pada 1 April 2022. Dari situ, sudah ketahuan tim Asia akan berada di mana.

Qatar akan berada di Grup A bersama Ekuador, Senegal, dan Belanda.

Iran bakal menempati Grup B bersama Inggris, Amerika Serikat, dan Wales. Sementara, Arab Saudi masuk ke Grup C Piala Dunia 2022.

Mereka akan bersaing dengan Argentina, Meksiko, dan Polandia.

Australia berada di Grup D akan bertemu dua lawan yang sama seperti Piala Dunia edisi 2018, Prancis dan Denmark. Satu lagi negara di grup itu adalah wakil Afrika, Tunisia.

Jepang akan berada di Grup E, bersama Spanyol dan Jerman.

Satu negara lagi adalah penentuan antara Selandia Baru atau Kosta Rika yang akan bertanding di Inter-Qualification pada Rabu (15/6) dini hari WIB.

Korea Selatan masuk Grup H. Son Heung-min cs harus menghadapi Ghana, Uruguay, dan Portugal.(Sumber)