Reshuffle Kabinet, Nasdem Siap Ditambah-Dikurangi Jatah Menterinya

Isu reshuffle kabinet 15 Juni 2022 semakin menguat. Sekjen Partai NasDem Johnny G Plate mengaku siap dengan keputusan Presiden Jokowi terkait jatah menteri.

“NasDem siap kurang, siap tetap, siap tambah,” kata Plate di Kantor KPU RI, Menteng, Jakarta Pusat, Selasa (14/6/2022).

Plate mengatakan pihaknya menghormati hasil keputusan terkait reshuffle. Dia menyebut akan mendukung keputusan Presiden Jokowi.

“Terkait reshuffle kabinet NasDem menghormati Presiden, menghormati hak prerogatif Presiden. Kami mendukung keputusan Presiden dalam melakukan reshuffle kabinet kapan saja, siapa saja dan dengan cara apa pun juga termasuk dengan reposisi anggota apabila Bapak Presiden membutuhkannya,” katanya.

Menurutnya, reshuffle telah melalui evaluasi panjang. Dia meyakini Jokowi telah mempertimbangkan berbagai hal.

“Kalau sampai akan dilakukan reshuffle kabinet kami meyakini itu sudah melalui evaluasi yang panjang dan melalui pertimbangan yang rasional dan matang,” katanya.

Diketahui, saat ini NasDem memiliki 3 kursi di Kabinet Jokowi. Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G Plate, Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya Bakar, serta Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo.

Sebelumnya, Sekretaris Kabinet Pramono Anung buka suara terkait kabar perombakan kabinet atau reshuffle 15 Juni. Pramono menyerahkan sepenuhnya perombakan kabinet kepada Jokowi.

“Jadi yang namanya kabinet itu kewenangan sepenuhnya presiden. Presiden itu mempunyai hak prerogatif. Presiden mau ganti kapan saja, ya, terserah presiden. Mau hari ini, mau besok, mau lusa. Tapi kewenangan itu sepenuhnya ada pada presiden,” kata Pramono kepada wartawan di kompleks Istana Merdeka, Jakarta, Selasa (14/6).

Pramono menjelaskan, Jokowi-lah yang mengetahui secara jelas kondisi kabinet saat ini. “Ya yang jelas Presiden, kan beliau sudah 8 tahun di pemerintahan ini dan beliau tahu banget mana yang menjadi kebutuhan dari kabinet ini, sehingga itu yang menjadi… beliau sangat tahulah,” ujarnya. (sumber)