Timnas Indonesia Lolos Piala Asia 2023, Shin Tae-yong: Kami Siap Unjuk Gigi!

Indonesia berhasil mengamankan satu tempat di putaran final Piala Asia 2023.

Pelatih skuad ‘Garuda’, Shin Tae-yong, menegaskan bahwa tim asuhannya siap unjuk gigi di turnamen terbesar antarnegara Benua Asia tersebut.

Kepastian Indonesia melangkah ke putaran final Piala Asia 2023 diraih setelah Witan Sulaeman dan kolega melumat Nepal 7-0 di laga terakhir Grup A putaran ketiga Pra-Piala Asia 2023, Rabu (15/6).

Tambahan tiga poin tersebut membuat Indonesia bercokol di peringkat kedua dengan koleksi enam poin.

‘Merah Putih’ lolos ke putaran final dengan status salah satu dari lima runner up terbaik di putaran ketiga kualifikasi Piala Asia 2023.

Shin menuturkan bahwa babak kualifikasi begitu penting bagi Indonesia.

Hal itu dapat membuat timnya tumbuh dan berkembang. Lebih lanjut, juru taktik asal Korea Selatan ini yakin anak asuhnya mampu unjuk gigi di putaran final Piala Asia 2023.

“Saya tidak begitu yakin kapan timnas Indonesia lolos ke Piala Asia, selain lolos otomatis sebagai tuan rumah pada 2007.

Namun, dengan kualifikasi ini, kita akan tumbuh lebih cepat, kita akan tumbuh lebih tinggi, dan kami akan berusaha menjadi tim yang lebih kuat,” ujar Shin saat konferensi pers setelah pertandingan, Rabu (15/6).

“Ketika kami mengikuti turnamen [Piala Asia] tahun depan, kami akan siap untuk menunjukkan kekuatan kami di turnamen,” lanjutnya.

Shin turut menjelaskan bahwa hasil yang didapat Indonesia di babak kualifikasi telah sesuai rencana, yakni lolos putaran final Piala Asia.

Namun, Shin menuturkan bahwa awalnya Indonesia mengincar dua kemenangan dan satu imbang ketika menghadapi Yordania.

Sayang, saat menghadapi Yordania, Indonesia kalah 0-1.
“Sebelum datang ke Kuwait, Rencana A-nya adalah dua kali menang dan sekali seri, seri itu lawan Yordania.

Bagaimanapun, sangat penting untuk melakoni laga pertama dengan sangat baik di turnamen seperti ini,” beber pelatih berusia 51 tahun ini.

“Jadi ketika melawan Kuwait di laga pertama, saya pikir para pemain saya telah mencurahkan segalanya di lapangan dan karena kami menjalani laga pertama dengan sangat baik, sisanya jadi lebih mudah. Hasilnya, kami lolos. Segalanya sesuai rencana,” tandas Shin.

Putaran final Piala Asia 2023 rencananya bakal digelar pada 16 Juni hingga 16 Juli 2023.

Total peserta ada sebanyak 24 negara, di mana empat di antaranya wakil Asia Tenggara.

Selain Indonesia, terdapat Vietnam, Thailand, dan Malaysia.(Sumber)