Perkasa di AFC Cup, PSM Makassar Tekuk Klub Singapura Tampines Rovers 3-1

PSM Makassar melawan Kuala Lumpur City FC (KL City FC) dalam matchday pertama Grup H AFC Cup 2022 di Stadion KLFA, Malaysia, pada Jumat (24/6).

PSM Makassar mengalahkan klub Singapura, Tampines Rovers, dalam laga kedua Grup H AFC Cup 2022 di Stadion KLFA, Malaysia, pada Senin (27/6). Skor akhirnya 3-1.

Gol PSM dicetak oleh Rizky Eka di menit 47 dan Everton Nascimento di menit 78 serta 90+4. Gol Tampines dicetak oleh Kyoga Nakamura di menit 29. Satu pemain Tampines dikartu merah, yakni James Van Huizen.

Dengan hasil ini, PSM memimpin klasemen sementara Grup H dengan 4 poin dari 2 kali main. Tampines ada di dasar klasemen dengan nol poin dan KL City FC ada di urutan 2 dengan satu poin.

Kepastian lolos PSM bisa ditentukan oleh hasil duel Tampines vs KL City pada 30 Juni 2022. Jumlah gol menentukan.
Starting XI PSM vs Tampines di AFC Cup

PSM XI: Reza Arya; Agung Mannan, Erwin Gutawa, Yuran Fernandes; Rizky Eka, Wiljan Pluim, Akbar Tanjung, Bryan Cesar; Ricky Pratama, Ramadhan Sananta, Dzaky Asraf.

Tampines XI: Syazwan Buhari; Irfan Najeeb, James Van Huizen, Amirul Haikal, Zehrudin Mehmedovic, Boris Kopitovic, Kyoga Nakamura, Yasir Hanapi, Shuya Yamashita, Muhammad Sanizal, Firdaus Bin Kasman.

Jalannya Laga PSM vs Tampines di AFC Cup

PSM Makassar mengancam di menit 7. Bryan melepas tendangan dari luar kotak penalti, tetapi bola masih di atas mistar Tampines Rovers.

Tampines membuat peluang di menit 11. Hanapi melepas tendangan di kotak penalti PSM, tetapi bola bisa diblok Yuran.

Sepanjang 15 menit pertama, PSM lebih bisa mengirim bola ke kotak penalti Tampines. Namun, lini depan ‘Juku Eja’ belum bisa memanfaatkanya jadi gol.

Di menit 15, PSM menciptakan peluang. Ramadhan melepast tendangan, tetapi bola masih melenceng dari gawang Tampines.

Selebihnya, PSM tetap lebih sering menguasai bola dan menyerang. Namun, Tampines malah mencetak gol duluan. Di menit 29, Nakamura melepas tendangan dari luar kotak penalti dan menghujam gawang. 0-1.

Dua menit setelah gol itu, Van Huizen dikartu merah wasit usai menerima dua kartu kuning. Ia melanggar Rizky dengan tekel keras dari belakang, saat Rizky coba menerima bola di area tepi lapangan tengah.

Di menit 36, PSM membuat peluang. Bryan melepas tendangan di depan kotak penalti, bola mengangkasa di atas gawang Tampines.

PSM menciptakan peluang bagus di menit 42. Pluim melepas tendangan keras dan akurat dari luar kotak penalti, tetapi bola bisa ditepis Buhari.

Beberapa detik berselang, Yakob Sayuri (pengganti Ricky) melepas tendangan dari luar kotak penalti juga, bola mengenai pemain Tampines, lalu membentur tiang samping kiri. Belum ada gol untuk PSM.

PSM kembali mendapat peluang emas di menit 45. Everton Nascimento (pengganti Ramadhan) melepas tendangan chip di kotak penalti Tampines, tetapi bola masih bisa ditangkap Buhari.

PSM mencetak gol di menit 47. Rasyid Bakri (pengganti Bryan) mengintersep bola di area pertahanan Tampines, lalu mengoper bola ke Pluim, Pluim mengirim bola ke kotak penalti, bola ditendang jadi gol oleh Rizky. 1-1.

Di menit 54, PSM membuat peluang. Yakob melepas tendangan akurat, bola bisa ditangkap Buhari.

PSM menciptakan peluang di menit 63. Yuran melepas tendangan dari luar kotak penalti, bola masih di atas gawang Tampines.

PSM membuat peluang dari bola mati di menit 72. Muhammad Arfan (pengganti Akbar) melepas tendangan bebas, tetapi bola meninggi di atas mistar.

PSM mencetak gol di menit 78. Rizky merebut bola dari pemain Tampines, lalu menusuk ke kotak penalti, mengoper pada Everton, Everton membobol gawang Tampines dengan sepakan akuratnya. 2-1.

Di menit 90+3, Everton dijatuhkan di kotak penalti, wasit menunjuk titik putih. Semenit kemudian, Everton yang menjadi eksekutor sukses mencetak gol. Tidak ada lagi gol tercipta hingga akhir laga.(Sumber)