Leg I Semifinal Piala Presiden 2022: Borneo FC Tumbangkan PSS Sleman di Maguwoharjo 2-0

PSS Sleman melawan Borneo FC pada leg I semifinal Piala Presiden 2022. Pertandingan itu berlangsung di Stadion Maguwoharjo, Sleman, Kamis (7/7/2022) malam WIB.

Pertandingan berjalan sengit sejak menit pertama. Akan tetapi, Borneo dapat menyegel kemenangan 2-0 karena tampil lebih baik.

Susunan pemain PSS Sleman vs Borneo FC (Foto: Twitter/@piala_presiden)

Jalannya Pertandingan

Tampil di depan publik sendiri, PSS cukup tertekan oleh Borneo pada menit-menit awal pertandingan. Bahkan, tim tamu hampir unggul pada menit ketiga jika tendangan voli Jonathan Bustos tidak ditepis oleh Muhammad Ridwan.

Di sisi lain, Super Elja kesulitan untuk menembus pertahanan Borneo. Serangan mereka sering patah di tengah jalan karena salah oper.

Setelah 10 menit laga berjalan, barulah tim tuan rumah menorehkan peluang berbahaya. Aksi individu Komarruddin membawanya masuk ke kotak penalti lawan. Sayang, umpannya tak diselesaikan dengan baik oleh Ze Valente yang melambungkan bola jauh dari gawang.

Tak lama berselang, Pesut Etam –julukan Borneo- melancarkan serangan balik berbahaya lewat Stefano Lilipaly. Namun, umpan manis Lilipaly tidak bisa dieksekusi dengan sempurna oleh Terens Puhiri karena tendangan volinya terlalu deras ke atas mistar gawang.

Pada menit 18, Manda Cingi melakukan kesalahan fatal dengan kontrol bolanya yang terlalu jauh usai menerima umpan dari tendangan gawang. Bola liar itu pun langsung disambar oleh Matheus Pato dengan tendangan mendatarnya yang sukses menggetarkan jala PSS.

Setelah itu, pertandingan berlangsung cukup alot. Kedua tim banyak bertarung di lini tengah untuk menguasai bola lebih lama.

Usai cooling break, tepatnya pada menit 33, Terens Puhiri kembali mendapatkan peluang matang. Akan tetapi, tendangannya dari dalam kotak penalti bisa diamankan oleh Ridwan.

Selang lima menit, Super Elja gantian mengancam gawang tim tamu. Namun, tandukan Riki Dwi Saputro yang menyambar umpan dari sayap kanan masih melambung di atas mistar gawang.

Pada menit 41, giliran Todd Fere yang nyaris menghasilkan gol penyeimbang. Sayang, tendangan kerasnya dari dalam kotak penalti bisa dihalau oleh Angga Saputro.

Tepat sebelum turun minum, kombinasi satu-dua Lilipaly dengan Pato kembali membuahkan gol untuk Borneo. Pato melepaskan tendangan keras yang tak mampu dihalau Ridwan. Alhasil, tim tamu unggul 2-0 pada babak pertama.

Tertinggal dua gol, PSS menyerang sejak awal babak kedua. Mereka bermain dalam tempo cepat dan mampu memberikan tekanan pada Borneo.

Namun, serangan mereka selalu berakhir dengan buruk karena para penyerang mereka terlalu banyak menggiring bola di kotak penalti. Alhasil, mereka belum bisa menyamakan kedudukan sampai 10 menit paruh kedua berjalan.

Pada menit 57, Todd Ferre mendapatkan umpan terobosan manis dari lini tengah dan menembus pertahanan lawan. Akan tetapi, tendangan mendatarnya mengarah tepat ke pelukan Angga.

Tak lama kemudian, Pesut Etam melancarkan serangan balik cepat. Lalu, Pato memberikan umpan tarik kepada Puhiri yang berdiri bebas tak jauh dari kotak penalti. Sayangnya, canon ball yang dilepaskan Puhiri bisa dihalau oleh Ridwan.

Selang dua menit, gantian Manda Cingi yang mengancam gawang Borneo. Akan tetapi, tendangan jarak jauhnya masih melambung tipis di atas mistar gawang.

Pada menit 71, Dave Mustaine melepaskan tendangan bebas yang sangat ciamik dari jarak 25 meter. Sial baginya, Angga dapat menepisnya.

Tujuh menit berselang, giliran Ze Valente yang melakukan percobaan sepakan jarak jauh. Tendangannya akurat mengarah ke sisi kiri gawang, tetapi kembali diselamatkan oleh kiper lawan.

Pada 10 menit akhir waktu normal, Super Elja terus mencari gol penyeimbang dengan mengepung pertahanan Borneo. Akan tetapi, hingga peluit panjang dibunyikan, gol yang ditunggu tak kunjung datang. Alhasil, Pesut Etam keluar sebagai pemenang dengan skor 2-0.

Berikut susunan pemain PSS Sleman vs Borneo FC:

PSS (4-3-3): Ridwan; Nirwanto, Marckho, Purwaka, Rifky; Ze Valente, Manda, Dave; Komar, Todd Ferre, Riki.

Cadangan: Try, Fariz, Dedy, Wahyu, hambali, Ifan, Boaz Salossa, Mila, Bagas, Derry.

BORNEO FC (3-5-2): Angga; Javlon, Wildansyah, Hendro; J. Bustos, Kei, Leo Guntara, M. Fajar, T. Owang; M. Pato, Stefano Lilipaly.

Cadangan: Shahar, Nurdiansyah, Diego, Irsan, Wahyudi, Misbakus, Sultan, Arya, Sihran, Hardianto.(Sumber)