Fraksi PAN DPR RI Tunjuk Ashabul Kahfi Jadi Ketua Komisi VIII Gantikan Yandri Susanto

Ashabul Kahfi

Fraksi Partai Amanat Nasional (PAN) DPR RI menetapkan Ashabul Kahfi sebagai Ketua Komisi VIII mengganti Yandri Susanto yang kini menjabat sebagai wakil ketua MPR RI.

Ketua Fraksi PAN Saleh Partaonan Daulay mengatakan, Ashabul Kahfi adalah salah seorang politisi senior PAN.

Sebelum menjadi anggota DPR RI, dia sudah pernah 3 periode menjadi pimpinan DPRD di Sulawesi Selatan. Dan bahkan saat ini dia tercatat sudah 4 periode menjabat sebagai ketua DPW di Sulsel.

“Kalau pengalaman mengurus partai, ya sudah sangat cukup. Meski tegas dan sigap, beliau ini orangnya sabar. Enak diajak bicara dan diskusi,” ujar Saleh dalam keterangannya, Rabu (20/7).

Selain itu, kata Saleh, Ashabul Kahfi juga dikenal sebagai aktivis sejak masih mahasiswa. Dia adalah kader IMM. Pengalamannya sebagai pengurus organisasi masyarakat tentu tidak diragukan lagi.

“Pak Kahfi itu adalah kader Muhammadiyah. Almarhum ayahnya adalah Kiyai Muhammadiyah yang sangat disegani. Kalau di Sulsel, insyaAllah sudah sangat terkenal,” tuturnya.

“Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan, merasa bahwa Kahfi sangat tepat. Selain karena dari unsur Muhammadiyah, juga mengakomodir kader dari Indonesia Timur. Jadi, semua dapat. Termasuk pemerataan dan distribusi kader di AKD DPR RI,” sambung mantan Ketua Umum PP Pemuda Muhammadiyah ini.

Saleh menambahkan, keputusan tersebut sudah dikonsultasikan dengan DPP. Dalam hal ini, Fraksi PAN telah diberi restu untuk melakukan pergantian pimpinan Komisi VIII DPR RI.

“InsyaAllah, akan dilantik begitu masa sidang nanti dibuka. Ini kan masih reses. Selain menunggu timwas haji Komisi VIII yang sedang bertugas di Saudi, juga menunggu masa sidang lagi. Diharapkan, komisi VIII akan semakin baik dalam mengawal kegiatan dan program pemerintah,” demikian Ketua DPP PAN ini.(Sumber)