Siti Fadia/Ribka Sugiarto Resmi Balikan di BWF World Championship 2022, Ini Target Dari PBSI

Ganda putri Indonesia, Siti Fadia Silva Ramadhanti/Ribka Sugiarto, resmi balikan di BWF World Championship 2022 atau Kejuaraan Bulu Tangkis Dunia 2022.

Mendapati hal ini, Kepala Bidang Pembinaan dan Prestasi (Kabid Binpres) PBSI, Rionny Mainaky, pun membeberkan target untuk Fadia/Ribka.

Ya, BWF World Championship 2022 akan menjadi ajang kembalinya duet Siti Fadia Silva Ramadhanti/Ribka Sugiarto setelah cukup lama berpisah.

Keduanya mendapat kesempatan untuk bertanding karena ranking mereka masih memenuhi syarat untuk tampil di ajang bergengsi tersebut.

Sebagaimana diketahui, Fadia sejatinya sudah dipermanenkan untuk berduet dengan Apriyani Rahayu dalam enam turnamen terakhir. Bahkan, prestasi Apriyani/Fadia begitu mentereng dengan langsung mengoleksi tiga gelar.

Namun, di BWF World Championship tahun ini, Fadia akan kembali ke pasangan lamanya, yakni Ribka.

Pasalnya, berdasarkan ranking yang diambil dari 26 April 2022, Apriyani/Fadia tidak mendapat undangan dari BWF untuk tampil di ajang yang digelar di Jepang pada 22-28 Agustus 2022 tersebut.

Alhasil, dari daftar undangan yang ada, BWF mengundang Apriyani bersama Greysia Polii (ranking 6) dan Fadia/Ribka (ranking 28) untuk mewakili Indonesia.

Namun, kali ini Apriyani terpaksa menepi karena Greysia pun sudah pensiun. Sehingga pasangan yang tersedia hanya Fadia/Ribka.

“Ganda putri ada Fadia/Ribka (di Kejuaraan Dunia). Kenapa Fadia/Ribka? Karena yang lain tidak masuk. Jadi kami beri kesempatan untuk bertanding, karena Fadia/Ribka masih aktif juga bermain, semaksimal mereka bisa,” ungkap Rionny kepada awak media di Pelatnas PBSI Cipayung, Senin (25/7/2022).

Meski terakhir kali Fadia/Ribka berduet di Kejuaraan Asia, Rionny mematok target yang lumayan tinggi, yakni semifinal. Ia menilai hal itu cukup realistis karena kualitas Fadia dan Ribka secara individu sudah tidak diragukan lagi.

“Fadia/Ribka ya kami targetkan juara enggak mungkin. Mungkin semifinal (bisa), karena kita tahu kualitas ya. Mereka ini punya pengalaman bertanding,” imbuhnya.

Meski begitu, Fadia/Ribka tidak akan sendiri mewakili ganda putri Indonesia di BWF World Championship 2022.

Masih ada nama Putri Syaikah/Nita Viola Marwah yang mendapat jatah untuk lolos setelah sempat ada di daftar reserve.

Hal itu pun dikonfirmasi Broto Happy selaku Kabid Humas dan Media PBSI. Ia membenarkan Putri/Nita akan ikut dikirim ke Jepang menemani Fadia/Ribka.

“Nama Putri Syaikah/Nita Violina Marwah juga ada dalam daftar yang dikirim,” ucap Broto kepada MNC Portal Indonesia.(Sumber)