Tekno  

Indosat Bakal ‘Bunuh’ Jaringan 3G Akhir Tahun 2022

Indosat Ooredoo Hutchison (IOH) berencana ‘membunuh’ seluruh jaringan GSM generasi ketiga (3G) pada akhir 2022.

Hal itu disampaikan oleh Director and Chief Regulatory Officer IOH, Muhammad Danny Buldansyah, dalam peluncuran layanan 5G di Bali, Rabu (3/8).

Danny mengatakan, penonaktifan jaringan 3G ini sudah direncanakan dan dilakukan secara bertahap. Target, pada akhir 2022, seluruh jaringan 3G IOH akan berakhir.

Ada beberapa pelanggan yang belum pindah ke 4G. Saat ini produk IM3 sudah hampir 100% (beralih ke jaringan 4G). Sementara Tri baru 80-85 persen,”

Langkah yang dilakukan IOH selaras dengan arahan Menteri Komunikasi dan Informatika (Kominfo), Johnny G. Plate, yang meminta operator seluler di seluruh Indonesia meninggalkan jaringan 3G dalam layanannya. Ini dilakukan sebagai upaya mendorong masyarakat Indonesia beralih memakai jaringan 4G LTE.

Menurut Plate, peralihan penggunaan 4G LTE dan langkah meninggalkan 3G merupakan salah satu cara untuk mempersiapkan kehadiran 5G di Indonesia. Kominfo telah meminta operator seluler untuk mengoptimalkan jaringan 4G sebelum benar-benar beralih ke 5G.

“Mari kita tempatkan ke 4G sebelum kita beralih ke 5G. Tentu bukan hal yang mudah tetapi di situ kita harus menata pilihan teknologi yang tepat.”

Saat ini IOH terus memperluas jaringan penerus 4G LTE, yakni 5G. Setelah menggelar peluncuran layanan 5G di Jakarta, Surakarta, Surabaya, Balikpapan, dan Makassar, kini giliran Bali yang menjadi sasaran.

Peluncuran 5G di Bali ini menjadi yang pertama setelah perusahaan Indosat Tbk (Indosat Ooredoo) dan PT. Hutchison 3 Indonesia Tbk (Tri Indonesia) resmi melakukan merger pada awal tahun 2022.

Selain itu, peluncuran 5G ini juga dilakukan dalam rangka mendukung agenda Presidensi G20 serta transformasi Digital Indonesia.

“Hari ini kami di sini, 5G. Saya ingin membuatnya simpel, 5G melebihi kecepatan, UMKM memanfaatkan teknologi untuk pulih kembali. Kami berkomitmen penuh dengan Huawei. Ini baru permulaan, Indosat berkomitmen penuh untuk fokus di Bali,” ujar Vikram Sinna, Director and Chief Operating Officer Indosat Ooredoo Hutchison, Rabu (3/8).(Sumber)