Akun Anonim Bikin Fitnah Keji ke Politisi Senior Golkar Aburizal Bakrie

Ketua Dewan Pembina DPP Partai Golkar, Aburizal Bakrie menjadi korban kabar hoaks dan fitnahan di twitter. Kabar hoaks itu disebarkan oleh akun twitter Lurah Istana @GarudaBerdarah. Kabar hoaks itu disebarkan oleh akun @GarudaBerdarah dengan memposting sebuah foto Aburizal Bakrie bersama seorang perempuan muda disertai narasi yang bernada negatif.

“Lama tidak muncul ketua dewan pembina yang pasang badan buat ketum ini jamunya semakin sehat saja. Braga braga braga Switzerland,” begitu cuit akun @GarudaBerdarah disertai dengan postingan sebuah foto yang memperlihatkan Aburizal Bakrie bersama seorang perempuan muda yang cantik.

Hingga berita ini diturunkan, cuitan ini telah mendapat 100 reetweet dan 599 likes. Twit ini juga mendapat tanggapan dengan 29 kutipan dan ratusan reply atau balasan di kolom komentar. Setelah kami kroscek, twit ini setidaknya telah berhasil memancing perhatian publik dengan kabar hoaks yang disebarkannya, terlebih di kolom komentar, banyak orang yang percaya dan ikut menghina Aburizal Bakrie.

Padahal, foto yang dipost oleh akun @GarudaBerdarah itu merupakan gambar Aburizal Bakrie bersama cucu pertamanya, Alisha Anastasia. Hal ini diketahui dari kutipan twit akun twitter @AchmadAnnama yang mengklarifikasi kabar hoaks ini sekaligus membela Aburizal Bakrie dari tuduhan fitnah akun twitter @GarudaBerdarah.

“Namanya Alisha Anastasia. Usianya baru 18 tahun, mahasiswi hebat di Cheltenham. Wajar bermesraan dengan Aburizal Bakrie (ARB). Dia cucu pertama kesayangan, putri sulung Anindya Bakrie,” cuit akun twitter @AchmadAnnama yang juga merupakan politisi muda Partai Golkar.

Koordinator komunitas Golkar Milenial ini juga memperingatkan kepada akun @GarudaBerdarah agar tidak memfitnah ARB dengan kabar bohong yang keji hingga membuat masyarakat awam serta publik yang tidak mau mencari informasi turut mempercayai kabar tersebut.

“Jangan fitnah sembarangan, giring opini cemarkan nama baik. Waspada! Akun gosip murahan gaes!” tegas Wabendum Depinas SOKSI ini memperingatkan akun penyebar hoaks tersebut. SOKSI merupakan organisasi pendiri Partai Golkar yang perduli pada persoalan buruh dan tenaga kerja.

Setelah kami mencari tahu, akun twitter @GarudaBerdarah ini ternyata akun pendukung Anies Baswedan dalam agenda pencapresan di Pilpres 2024. Tapi anehnya, akun ini juga cukup sering berkonfrontasi dengan para pendukung Anies Baswedan sendiri.

Ditambah lagi, alih-alih mempromosikan Anies Baswedan akun ini lebih sering menyebarkan permusuhan dengan kritik serta informasi yang tidak berdasar dan miskin data terhadap Pemerintahan Jokowi.

Belakangan ini, menjelang Pemilu 2024, akun-akun bodong yang seringkali menyebarkan hoaks dan berita bohong memang tumbuh dengan subur. Partai Golkar pun beberapa kali menjadi korban fitnahan, kali ini yang menjadi sasaran adalah Aburizal Bakrie.

Akun-akun ini terorganisir, mereka memiliki jumlah followers besar, narasi mereka pun terkesan hitam, bukan hanya sekadar negatif, mereka biasanya bermodal foto disertai dengan narasi provokatif yang mudah dipercayai publik. Kepada masyarakat, harap waspada dengan akun fitnahan seperti ini, akun-akun ini yang merusak demokrasi dan membuat upaya persatuan Indonesia sulit terwujud.

Mari kita lawan bersama segala fitnahan dan kabar bohong terutama menjelang Pemilu 2024 dari akun-akun penyebar kebencian seperti @GarudaBerdarah. Mereka tidak perduli dengan kondisi bangsa, yang mereka perdulikan hanyalah kepentingan sesaat, entah jagoan mereka menang Pilpres 2024 ataupun terjadi konflik disertai dengan disintegrasi bangsa. Waspadalah! {golkarpedia}