News  

Cegah Demam Berdarah, Puskesmas Kecamatan Jagakarsa Gelar Fogging di RT 008/ RW 001 Kelurahan Ciganjur

Puskesmas Kecamatan Jagakarsa, dibantu ibu-ibu kader PKK RT 008/RW 001 Ciganjur, Jagakarsa melakukan pengasapan ata fogging di area lingkungan RT 008. Kegiatan ini diawasi langsung Ketua RT 008 Sugandi dan dipantau langsung FKDM dan Satpol PP Ciganjur.

Pengasapan atau fogging dilakukan menggunakan mesin khusus yang menyemprotkan insektisida untuk membunuh nyamuk beserta jentik-jentiknya. Pengasapan atau fogging dilakukan manual dari rumah ke rumah warga agar merata dan tepat sasaran.

Pengasapan dilakukan agar lingkungan kecamatan Jagakarsa, khususnya RT 008/RW 001 dapat terbebas dari penyakit demam berdarah yang disebabkan oleh nyamuk jenis dengue. Apalagi di musim hujan angka infeksi demam berdarah sangat tinggi.

Menurut Ketua RT 008 Sugandi, masyarakat wajib menjaga kebersihan lingkungan di rumah dan sekitarnya. “Pastikan tidak ada tempat yang memungkinkan nyamuk dan jentik-jentiknya untuk bersarang dan berkembang biak” ujar Sugandi.

Karena, lanjut Sugandi, mencegah lebih efektif daripada mengobati. Harapannya, masyarakat RT 008/001 kelurahan Ciganjur tetap sehat dan terhindar dari penyakit demam berdarah.

“Warga harus menerapkan 3 M. Menguras dan menutup tempat penampungan air, mengubur atau membuang sampah yang dapat terisi air hujan dan memastikan tidak ada genangan air di sekitar untuk berkembangnya jentik nyamuk” pungkas Sugandi.