News  

Emrus Sihombing Harap Pertemuan Puan-Airlangga Hasilkan Kesepakatan Berpasangan di 2024

Safari politik yang bakal dilakukan Ketua DPP PDI Perjuangan bidang Politik dan Keamanan Puan Maharani, menjadi momentum penjajakan partai banteng tersebut untuk mencari pendamping untuk bertarung di Pemilu 2024 mendatang.
Kabarnya, Puan bakal menyambangi Ketua Umum DPP Partai Golkar Airlangga Hartarto akhir pekan ini. Diharapkan pertemuan kedua elit partai politik itu mencapai kesepakatan pasangan calon presiden dan wakil presiden 2024.

Menurut pengamat politik dari UPH Emrus Sihombing pertemuan itu adalah ajang silaturahmi dua negarawan. Keduanya dinilai sebagai sosok dengan karakter politik yang mengutamakan keberagaman, pluralitas, inklusivitas, dan persatuan.

“Rencana pertemuan Puan Maharani dan Airlangga Hartarto suatu pertemuan negarawan yang memang sama-sama punya garis politik tentang keberagaman, tentang inklusivitas,” kata Emrus kepada wartawan, Rabu (31/8).

Emrus menganggap keduanya senafas dalam hal menghidupi semangat ke-Indonesia-an dan kenusantaraan.

“Jadi artinya bahwa dua sosok ini sangat homogen dari sudut keindonesiaan dan kenusantaraan kita,” imbuhnya.

Emrus mengungkapkan pertemuan Puan Maharani dengan Airlangga Hartarto akan semakin produktif jika menghasilkan kesepakatan politik.

“Saya berpendapat bahwa pertemuan itu bisa lebih produktif, apabila memang ada semacam kesepakatan di panggung belakang ketika mereka bertemu,” katanya.

Kesepakatan itu bisa berupa pencanangan pasangan calon presiden (capres) dan calon wakil presiden (cawapres), sekaligus kesepakatan untuk berupaya merangkul seluruh kekuatan politik.

Dia menambahkan pasangan itu adalah pasangan ideal. Puan Maharani bisa memainkan sebagai pemimpin dengan karakter keibuan yang mampu merangkul dan menyamankan seluruh kekuatan politik.

Sedangkan Airlangga dinilai punya kemampuan sebagai nakhoda bidang ekonomi. Hal itu terbukti dengan keberhasilannya dalam penanganan Covid-19 sekaligus menjaga kondisi ekonomi Indonesia.

“Mudah-mudahan pertemuan mereka ada semacam kesepakatan memasangkan Puan Maharani menjadi calon presiden dan Airlangga menjadi calon wakil presiden Pilpres 2024 dengan catatan merangkul semua kekuatan politik dalam kerja sama politik,” demikian Emrus.(Sumber)