Ketum PSSI Ungkap Shin Tae-Yong Incar 7 Nama Calon Naturalisasi Untuk Timnas U20

Shin Tae-yong ternyata telah mengajukan tujuh nama calon pemain naturalisasi untuk Timnas U-20. Hal itu disampaikan oleh Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan.

Dalam rapat kerja dengan Komisi X DPR RI bersama PSSI dan Menpora, Kamis (1/9), Iriawan berharap DPR bisa kembali membantu proses calon pemain naturalisasi untuk Timnas U-20. Sebab, proyek tersebut sangat dibutuhkan guna menghadapi Piala Dunia U-20 2023.

Dari tujuh nama yang diminta Shin Tae-yong, Iriawan menyebut belum semua pemain mau bergabung dengan Timnas U-20. Oleh karena itu, pihaknya pekan ini akan bertolak ke Belanda untuk meyakinkan sejumlah calon pemain naturalisasi tersebut.

“Kami sedang menggodok calon pemain naturalisasi yang akan bermain di Piala Dunia U-20, kemarin saya baru dapat namanya dari Shin Tae-yong. Di minggu ini, tim akan berangkat ke Belanda untuk meyakinkan mereka [calon pemain naturalisasi], karena tiga sudah mau ke Indonesia, dua lagi belum mau. Kami harus sentuh keluarganya, semuanya ada tujuh [pemain] sebetulnya,” ungkap Iriawan.

“Mohon izin, jika nanti mereka sudah kita hubungi, mohon dipercepat karena bulan Februari sudah harus dipakai, jadi sisa waktu enam bulan. Karena, kami lihat mengurus naturalisasi ini enam bulan belum beres.

Mohon izin dan bantuan agar mereka bisa dipakai pada bulan Mei untuk Piala Dunia U-20. Karena mereka dibutuhkan Shin,” tambahnya.

Menurutnya, para calon pemain naturalisasi itu dibutuhkan oleh coach Shin agar bisa melangkah jauh di Piala Dunia U-20 2023.

Iriawan berharap setidaknya Timnas U-20 Indonesia bisa lolos hingga babak 8 besar di turnamen tersebut.

“Kemarin, Shin Tae-yong memohon kepada kami agar para pemain ini bisa bergabung, karena kehadirannya dibutuhkan. Jangan sampai nanti kalah di Piala Dunia. Ya, minimal harus lolos di 16 besar atau 8 besar,” ucap Ketum PSSI tersebut.

Sementara itu, Timnas U-19 saat ini tengah menjalani pemusatan latihan (TC) jelang Kualifikasi Piala AFC U-20 2023. Indonesia tergabung dalam Grup G dan bertindak sebagai tuan rumah. ‘Garuda Muda’ akan bersaing dengan Australia, China, dan Brunei Darussalam di grup tersebut.

Selama menjalani TC, Shin Tae-yong mengatakan para pemain sudah menunjukkan perkembangan positif. Dirinya menyebut pemain-pemain muda ini setiap waktunya dinilai akan bisa terus berkembang.

“Sejauh ini pemain sangat baik dalam mengikuti arahan saya dan pemusatan latihan pun sudah mulai meningkat juga. Mulai hari ini fokus di sentuhan bola, sejauh ini juga sudah lancar,” ujar Shin.(Sumber)