News  

Mahasiswa NTB Demo Tolak Sekjen PDIP Beri Kuliah Umum di Universitas Mataram

Puluhan mahasiswa yang tergabung dalam Aliansi Mahasiswa Universitas Mataram (Unram) menolak kedatangan Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto ke kampus mereka.

Puluhan mahasiswa tak terima karena beredar surat undangan yang ditandatangani Rektor Unram Prof Bambang Hari Kusumo mengundang Hasto Kristiyanto untuk mengisi kuliah umum.

Koordinator lapangan aksi menolak kedatangan Hasto Kristiyanto, Adrian Islah Perdana, mengatakan puluhan mahasiswa mengungkapkan alasan menolak kehadiran Hasto. Sebabnya, kampus Unram sempat menolak kedatangan pengajar ilmu filsafat untuk mengisi seminar nasional pada Jumat (16/9) besok.

“Kami sempat ingin undang Rocky Gerung. Tapi jelas ditolak oleh Rektor Unram. Ini memantik api kemarahan mahasiswa itu dikobarkan lagi,” kata Adrian seperti dilansir detikBali, Kamis (15/9/2022).

 

Terpisah, koordinator umum aksi penolakan kedatangan Hasto Kristiyanto mengisi kuliah umum, Muh Isnaini, mengatakan bahwa Rektor Unram telah mencederai mimbar akademik di Unram.

“Kita hanya ingin pastikan mimbar akademik di Unram itu bersih dari urusan intrik parpol (partai politik),” tegas Isnaini.

Pasalnya, di beberapa kampus lain di luar NTB kata Isnaini sudah banyak mengundang pembicara hebat dan bebas dari segala intrik parpol. “Kalau kita komitmen majukan kampus kita. Maka kita berani tegas menolak segala macam bentuk intrik politik di kampus kita,” kata Isnaini.

(Sumber)