Menpora Zainudin Amali Sebut Bulutangkis Layak Masuk Cabor Unggulan di DBON, Ini Alasannya

Menpora Zainudin Amali mengatakan cabor bulu tangkis ini menjadi olahraga yang sangat favorit di Indonesia dan punya sejarah yang panjang.

Oleh karenanya bulu tangkis menjadi cabor unggulan yang masuk dalam Desain Besar Olahraga Nasional (DBON).

Hal tersebut disampaikan Menpora Amali terkait ‘Pembinaan Cabor Bulu Tangkis’ secara virtual dari Kantor Kemenpora, Senayan, Selasa (20/9) siang.

Di dalam Desain Besar Olahraga Nasional (DBON), bulutangkis ditempatkan sebagai salah satu cabor unggulan. Dengan pertimbangan, Pertama, bulu tangkis ini sudah dipertandingkan di level Olimpiade dan konsisten menghasilkan medali.

“Kedua, bulu tangkis memang olahraga yang banyak diminati oleh rakyat Indonesia. Ketiga, bulu tangkis cocok dengan fisik orang Indonesia. Karena itulah hasil diskusi kita dengan para pakar dan para guru besar atau profesor akhirnya kita tempatkan menjadi cabor unggulan,” katanya.

Menurutnya, karena sudah masuk cabor unggulan, maka setiap urusan yang ada di bulutangkis baik dipembinaan sampai dengan pengiriman ke luar negeri, pemerintah ikut menfasilitasi.

“Di situlah posisi bulu tangkis di mata pemerintah,” jelasnya.

“Bulu tangkis kalau disamakan dengan Brasil yang dikenal sebagai negaranya sepak bola, maka Indonesia juga dikenal sebagai negaranya bulu tangkis,” katanya.(Sumber)