News  

Sudah Tak Lolos di Parlemen, Mana Mungkin PSI Bisa Usung Ganjar?

Gelagat politik Partai Soidaritas Indonesia (PSI) dengan mendeklarasikan Ganjar Pranowo sebagai calon presiden (capres) yang mereka usung di Pilpres 2024 dianggap aneh.

Pasalnya, PSI merupakan partai politik (paprol) peserta pemilu yang tidak mendapat kursi di parlemen lantaran tak memenuhi parliamentary threshold.

“Mereka (PSI) saja tak lolos di parlemen, mana mungkin bisa langsung mencalonkan (presiden),” ujar Direktur Political and Public Policy Studies (P3S) Jerry Massie kepada Kantor Berita Politik RMOL, Kamis (6/10).

Menurut Jerry, dari segi kapasitas PSI juga tidak mungkin menyaingi Partai Nasdem yang lebih dulu mengumumkan Anies Baswedan sebagai calon presiden yang mereka usung.

“Kesalahan fatal PSI menyaingi Nasdem mengumumkan Ganjar capres. Bukankah Giring (Ketum PSI) sudah mengumumkan dirinya maju capres 2024? Ajaib saja,” herannya.

Doktor jebolan American Global University ini memandang langkah PSI mengumumkan Ganjar sebagai capres yang mereka usung untuk Pilpres 2024 hanya sebagai strategi mendongkrak suara jelang pemilihan.

“PSI ingin cari panggung politik dan mencoba mendongkrak elektabilitas mereka,” demikian Jerry.(Sumber)