Masyarakat Keluhkan Kualitas Pertalite Turun, Mulyanto Desak Pemerintah Ambil Sikap

Pemerintah harus ambil sikap terkait keluhan masyarakat soal penurunan kualitas Pertalite. Sebab, kabar menurunnya kualitas Pertalite sudah tersiar di berbagai media.

Demikian pandangan anggota Komisi VII DPR RI, Mulyanto, Selasa (11/10).

Mulyanto mengatakan, harus diakui kehebohan penurunan kualitas Pertalite pasca kenaikan harga BBM bersubsidi belum selesai. Sampai saat ini, masih banyak warga yang melaporkan soal penurunan kualitas Pertalite.

“Bahkan Netizen kembali diramaikan soal kabar BBM Pertalite disebut-sebut hanya memiliki kadar oktan atau RON 86, padahal seharusnya RON 90,” demikian kata Mulyanto.

Dalam pandangan Mulyanto, meski Pertamina maupun Pemerintah sudah menjelaskan dan menyampaikan hasil pemeriksaan terhadap kualitas Pertalite ini. Namun nampaknya isu ini tidak mereda.

Menurut Mulyanto, Pemerintah harus meneliti masalah ini secara khusus. Karena aduan masyarakat sudah banyak dan perlu ada kejelasan.

Pemerintah harus menelusuri, menganalisis dan mencari penyebab dugaan penurunan kualitas Pertalite tersebut secara kompehensif. Agar masyarakat dapat memahami.

Bila tidak, maka yang muncul hanyalah keluhan ketidakpuasan terhadap sikap Pemerintah.

“Ini tentu tidak baik, apalagi di akhir-akhir masa Pemerintahan Presiden Jokowi dan memasuki tahun politik. Tidak bisa pemerintah defensif atau sekedar apologis dengan data-data hasil pengukuran kualitas Pertalite atau bahkan malah menyalahkan masyarakat,” pungkasnya.(Sumber)