Sosok Ricky Subagja, Legenda Bulutangkis Indonesia yang Nikahi Perempuan 26 Tahun Lebih Muda

PROFIL Ricky Subagja, pebulu tangkis legenda Indonesia yang nikahi perempuan 26 tahun lebih muda akan dibahas Okezone di artikel ini. Bagi para pencinta bulu tangkis, tentu tak asing dengan nama Ricky Subagja.

Ricky adalah legenda bulu tangkis dunia yang berasal dari Indonesia. Disebut legenda hidup dunia karena sewaktu aktif masih bermain bersama Rexy Mainaky di sektor ganda putra, pasangan tersebut bisa dikatakan tampil luar biasa dengan meraih hampir seluruh gelar bergengsi.

Sebut saja seperti medali emas Olimpiade, juara dunia, Asian Games, All England, dan masih banyak lagi gelar yang pernah diraih Ricky/Rexy. Namun, tahukah Anda bahwa Ricky awalnya nyaris saja menjadi atlet sepakbola dan bukan pebulu tangkis?

Semua berawal dari profesi sang ayah yang dulunya adalah seorang kiper. Ricky kecil pun mulai dikenalkan dengan sepakbola dan bulu tangkis di usia 7 tahun.

Ricky Subagja bersama sang istri
Kendati demikian, sang ibu tak setuju jika Ricky bermain sepakbola. Sang ibu pun lebih mendukung Ricky bermain bulu tangkis.

Singkat cerita, Ricky dimasukkan ke dalam klub bulu tangkis. Dua kali seminggu hingga lima kali seminggu Ricky berlatih agar bisa menjadi atlet yang hebat.

Ricky pun mengikuti beberapa turnamen kecil dan ia hebatnya sukses tampil bersinar. Karena kemampuannya yang menonjol, Ricky lantas masuk ke dalam Pelatihan Nasional (Pelatnas) PBSI pada 1986.

Ricky awalnya pernah dipasangkan dengan Richard Mainaky. Namun, jelang Olimpiade Barcelona 1992, Christian Hadinata kala itu mencoba peruntungan dengan memasangkan Ricky bersama Rexy

Ricky sempat menolak ide tersebut karena takut kekurangan poin untuk tampil di Olimpiade Barcelona 1992. Namun, pada akhirnya Ricky setuju dan pasangan tersebut pun langsung berprestasi di Olimpiade Atlanta 1996. Ricky/Rexy tepatnya meraih medali emas untuk Indonesia.

Ricky pun memutuskan pensiun pada 1998. Ia sempat terjun kedunia politik. Ia tepatnya pernah menjabat sebagai anggota DPR Partai Nasdem pada 2014. Ricky mencoba peruntungannya lagi dalam dunia politik tahun 2019 menjadi anggota legislatif namun gagal.

Lalu nama Ricky pun kembali terdengar karena pernikahan keduanya dengan wanita yang lebih muda 26 tahun dari dirinya. Wanita yang kini sudah jadi istri Ricky tersebut bernama Cica Andjani.

Saat hendak menuju restoran, Cica justru dibawa ke sebuah komplek perumahan dan ternyata rumah dari Ricky Subagja. Dari perkenalan itu, Ricky dan Cica memutuskan menjalin asmara pada tahun 2016 dan memutuskan untuk menikah pada tahun 2021.

Ricky akhirnya memutuskan menikah untuk ketiga kalinya bersama Cica Andjani. Walau umur mereka terpaut jauh tidak menghalangi tumbuhnya perasaan cinta diantara keduanya.

Berikut Prestasi Ricky Subagja:

Medali emas Olimpiade (Atlanta 1996)

Juara Dunia (1995)

All England (1995 dan 1996)

Piala Sudirman (1989, 1991, 1993, 1995, 1997)

Piala Thomas (1994, 1996, 1998 dan 2000)

Asian Games (1994 dan 1998)

SEA Games (1993, 1995, dan 1997).

(Sumber)