Penyebab Fabio Quartararo Terlempar ke Urutan 22 di Kualifikasi MotoGP Malaysia 2022

PENYEBAB Fabio Quartararo terjerembab ke urutan 12 di kualifikasi MotoGP Malaysia 2022 akan dibahas di sini. El Diablo – julukan Fabio Quartararo – menjabarkan alasannya secara mendetail.

Sesi kualifikasi MotoGP Malaysia 2022 telah dilaksanakan pada Sabtu (22/10/2022) siang WIB. Jorge Martin dari Pramac Ducati menjadi yang tercepat dengan catatan waktu 1 menit 57,790 detik.

 

Nasib sial justru harus diterima oleh Fabio Quartararo yang harus puas finis di posisi ke-12. Terlebih, pada lap yang menentukan El Diablo nyaris terjatuh lagi, dan itu tidak cukup kuat untuk lap berikutnya.

Seusai kualifikasi, Quartararo mengklaim dirinya tidak mengalami masalah soal kecepatannya. Namun, usai mengalami crash El Diablo langsung mengganti motornya dan lama dalam proses tersebut. Oleh karena itu, ia harus kembali ke lintasan di posisi yang kurang baik.

“Saya tidak merasa buruk dalam hal kecepatan. Setelah kecelakaan saya mengambil motor lain. Kami memiliki motor kering dan motor basah, jadi saya ingin membawa motor yang jatuh langsung kembali ke pit,” papar pembalap Monster Energy Yamaha itu, dilansir dari Speed Week, Sabtu (22/10/2022).

“Mekanik kemudian mengubah pegas untuk kualifikasi. Tapi mulai dari jauh ke belakang dalam balapan sangat sulit,” tambah juara dunia MotoGP tahun lalu itu.

Sementara itu, Quartararo menyebut jari yang sakit tidak menjadi penyebab lain pada kualifikasi tersebut. Akan tetapi, ia mengakui bahwa dirinya juga kurang konsentrasi pada saat itu. Selain itu, juga menemukan banyak gelombang di sirkuit tersebut.

Saat kualifikasi, jari tidak menjadi masalah. Mungkin saya tidak sepenuhnya fokus, tapi saya tidak tahu. Saya masih tidak mengerti putaran pertama. Pada putaran kedua, saya tidak mengerti mengapa kami salah perhitungan dan tidak bisa melakukan dua lap,” kata Quartararo dengan marah.

“Itu berjalan dengan baik sampai saya memiliki slide di sudut tempat saya jatuh sebelumnya. Ada banyak gundukan di sudut ini. Biasanya Anda hanya menginjak gas lagi dan itu menjadi lebih baik. Tapi ketika saya menginjak gas, saya tergelincir di roda depan. Cukup lucu,” tandas orang Prancis itu tampak bingung.

Dengan begitu, rider bintang Yamaha tersebut harus memulai balapan MotoGP Malaysia 2022 yang akan digelar di Sirkuit Sepang, Malaysia, pada Minggu (23/10/2022) di posisi 12 di grid. Sementara itu, pemimpin klasemen sementara MotoGP 2022, Francesco Bagnaia start di posisi kesembilan.

(Sumber)