News  

Bus Jemaah Umrah Kecelakaan di Kota Makkah, 2 WNI Meninggal Dunia

Kecelakan bus pembawa jemaah umrah Indonesia terjadi di kota Makkah, Arab Saudi. Kejadian itu menelan korban jiwa.

Kabar terkait insiden tersebut diungkap Direktur Perlindungan WNI Kemlu Judha Nugraha di kantor Kemlu Jakarta pada Kamis (27/10/2022). Judha menyebut, kejadian itu berlangsung dua hari lalu.

“Pada 25 Oktober 2022 telah terjadi kecelakaan tunggal bus yang membawa para jemaah WNI yang ada di wilayah kota Makkah jam 11.30 malam. Bus ini dikendarai oleh driver WNI dan juga muthawif WNI,” kata Judha.

Judha mengungkapkan, kecelakaan ini merupakan kecelakaan tunggal yang tidak melibatkan pihak lain.

Dari informasi, yang jadi korban jiwa adalah sopir dan muthawif. Selain korban tewas beberapa penumpang lainnya menderita luka-luka.

“Kecelakaan ini menewaskan dua WNI yaitu driver dan juga muthawif. Sedangkan tercatat enam jemaah umrah yang mengalami luka-luka,” sambung dia.

Judha memastikan seluruh jemaah yang terluka sudah mendapat perawatan. Beberapa di antara korban luka bahkan sudah keluar dari rumah sakit.

“Saat ini, untuk yang luka-luka, dirawat di Rumah Sakit King Abdul Aziz Makkah. Lima di antaranya dapat melanjutkan perjalanan umrah, satu masih dalam perawatan,” kata Judha.

Judha mengatakan, KJRI Jeddah segera mengirim tim perlindungan WNI ke wilayah Mekkah setelah menerima informasi mengenai kecelakaan tersebut.

Pengiriman tim bantuan ini pun dilakukan untuk memperoleh informasi mendetil mengenai peristiwa kecelakaan. Hasilnya, diketahui bahwa peristiwa kecelakaan adalah peristiwa tunggal.

Ia pun menyampaikan duka mendalam atas peristiwa yang menimpa jemaah umrah asal Indonesia itu.

“Atas kecelakaan ini, kami ucapkan turut berduka cita. KJRI Jeddah telah memberikan bantuan dan siap untuk memberikan bantuan kepada para jemaah dan juga korban,” pungkasnya.