News  

Dibuka Jokowi, Munas HIPMI di Solo Ricuh Diwarnai Adu Jotos

Musyawarah Nasional (Munas) Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (Hipmi) XVII yang diselenggarakan di Kota Solo, Jawa Tengah dan dibuka oleh Presiden Jokowi, Senin (21/11/2022) berlangsung ricuh.

Video dengan latar Munas Hipmi XVII menunjukkan sekelompok orang adu pukul viral di grup WA dan media sosial. Kericuhan diwarnai adu jotos itu terjadi di ruang munas di Hotel Alila Solo.

Dalam rekaman kurang dari satu menit itu, tampak puluhan orang berupaya melerai. Mereka seluruhnya memakai batik oranye berpadu hitam. “Stop, stop, stop,” kata beberapa orang berlarian di lorong lobi hotel.

Keributan ini diduga terjadi saat munas diskors karena kondisi sedang tidak kondusif akibat banyaknya interupsi, Senin (21/11/2022), sekitar pukul 23.00 WIB.

Aksi memalukan tersebut berlangsung pada malam hari, padahal pagi harinya Munas HIPMI dibuka oleh Presiden Jokowi.

Tak hanya dibuka oleh Presiden Jokowi, Munas HIPMI juga dihadiri sejumlah petinggi negara seperti Ketua MPR RI Bambang Soesatyo, Ketua DPR RI Puan Maharani, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka dan para menteri.

Sementara itu, Ketua Organizing Committe (OC) Munas Hipmi XVII Muhammad Ali Affandi, saat dikonfirmasi, membenarkan adanya keributan tersebut.

“Ini lagi saya cek (penyebab), soalnya ada berbagai macam versi (kejadian),” kata Muhammad Ali Affandi, Selasa (22/11/2022).

Meskipun demikian, ia mengaku kericuhan ini terjadi di luar sidang pleno Munas, diduga ada kesalahpahaman antar peserta Munas.

“Kejadiannya ini sudah selesai sidang pleno ditutup. (Adu jotos) di jalan keluar, kayaknya sih kalau saya lihat, miskomunikasi, salah paham,” ucapnya.

Lanjut Ketua OC Munas, saat ini pihaknya mengupayakan mediasi kedua belah pihak. “Kita utamakan kekeluargaan, jadi mau dimediasi. Prinsipnya untuk menghindari miskomunikasi dan interprestasi,” harapnya.

“(Pelaksanaan pleno) di-skors nanti kita lanjutkan dengan agenda forum ketum dulu untuk menyamakan persepsi dulu,” jelasnya.

Munas Hipmi akan segera memilih ketua umum baru untuk periode 2022-2025. Agenda pemilihan dilaksanakan melalui Sidang Pleno IV di Hotel Alila Solo, Selasa, 22 November 2022.

Rangkaian sidang pleno IV akan diawali pengumuman bakal calon ketua umum (caketum) BPP HIPMI. Lalu, dilanjutkan penetapan caketum, penyampaian visi-misi caketum, pemilihan dan penetapan ketua umum, pemilihan dan penetapan mide formatur, dan penetapan dewan pembina, dewan penghormatan, dan dewan etik BPP HIPMI.

Ada tiga kandidat dalam pemilihan ketua umum BPP HIPMI tersebut, yaitu Akbar Himawan Buchari, Bagas Adhadirgha, dan Anggawira.